PENGUATAN WAWASAN KEBANGSAAN BERBASIS KELAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TERPADU DARUL HIKMAH SLEMAN

Novita Dewi, Eldini Fatikha Rizqy, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Konsep wawasan dan nilai-nilai kebangsaan perlu dipahami, dihayati dan diimplementasikan oleh seluruh bangsa Indonesia. Wawasan dan nilai-nilai kebangsaan yang dimaksudkan adalah wawasan dan nilai-nilai seperti terkandung dalam UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Pemahaman dan penguatan nilai kebangsaan kepada peserta didik sebagai bagian dari warga bangsa ini dapat dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah  mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai salah satu program pendidikan karakter, maupun proses pembelajaran dalam masyarakat di luar sekolah, guru diharapkan dapat menanamkan konsep wawasan dan nilai-nilai kebangsaan dengan baik, menyenangkan, dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Sehingga pengetahuan konsep wawasan dan nilai-nilai kebangsaan tidak hanya dikuasai sebagai teori belaka, melainkan bisa memperkuat rasa kebangsaan, persatuan, dan cnta kepada tanah airnya sebagai bagian dari karakter bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengambil lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Terpadu (SMAT) Darul Hikmah Sleman, dengan subjek penelitian guru mata pelajaran PPKn dan salah satu peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa guru emmiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan wawasan dan penguatan nilai-nilai kebangsaan kepada peserta didik.


References


Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press

Djama‟an Satori & Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Haryanto Atmowardoyo. 2008. Metode Penelitian Kualitatif : Teori Dasar. Cetakan I. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok : Rajawali Pers

Notoatmodjo. S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Rusnaini, Raharjo, Anis S., dan Widya N. 2021. Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuniarto, Bambang.2021.Wawasan Kebangsaan. Sleman: Deepublish (Grub Penelitian CV Budi Utama)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.