LUBUD: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN BUDAYA PESERTA DIDIK

Rizkon Muhlisin, Sutan Wijaya

Abstract


Indonesia memiliki budaya yang beragam akan tetapi budaya tersebut kepemilikannya diklaim negara lain contohnya Malaysia. Usaha pemerintah untuk mematenkan budaya tersebut oleh UNESCO contohnya Keris, Batik, Wayang Kulit. Menjaga budaya Indonesia bukan hanya pemerintah saja tetapi seluruh masyarakat menjaga dan melestarikannya termasuk di sekolah yang didalamnya terdapat peserta didik. Peserta didik jenjang Sekolah Dasar yang memiliki peran pelestarian budaya sejak dini perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat yaitu menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran efektif untuk pembelajaran karena peserta didik bukan hanya mendapatkan pengetahuan melalui aspek kognitif tetapi melalui aspek afektif dan psikomotorik sehingga peserta didik jenjang Sekolah Dasar dapat mengembangkan sifat karakteristiknya yaitu bermain sambil belajar.

Media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan budaya peserta didik di Sekolah Dasar yaitu menggunakan LUBUD atau Ludo Budaya. Ludo Budaya sama seperti Ludo pada umumnya namun dimodifikasi dengan gambar pendekatan budaya seperti rumah tradisional, pakaian adat, tari tradisional dan senjata tradisional. Tahapan pembuatan Ludo Budaya meliputi: (1) mencari gambar-gambar tarian tradisional, rumah tradisional. Senjata tradisional dan pakaian adat Indonesia (2) mendesain media Ludo kemudian meletakkan gambar-gambar budaya Indonesia di setiap petak Ludo. (3) membuat desain kartu pertanyaan dengan warna menarik dan menyusun pertanyaan sesuai dengan gambar kebudayaan yang terdapat pada desain LUBUD (4) menyiapkan  16 Cones yang akan digunakan untuk pion LUBUD (5) setelah desain LUBUD selesai maka mencetak LUBUD tersebur dengan ketentuan; mencetak LUBUD dalam banner ukuran 1,5 x 1,5 meter2, menyiapkan busa berukuran 1,5x1,5 meter, menempel/menjahit busa  pada banner yang sudah dicetak.


References


Amkas, Sasmita Sindy Intan Mawarni, I Made Tegeh & Luh Putu Putrini Mahadewi. (2017). Pengembangan Media Ludo Word Game Peserta didik Kelas IV SDN 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2).

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ekawan, S. Dkk. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Jurnal Radiasi, 06(1).

Harsono, Beni. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM, 9 (2).

Hermawati, Ade, Wahab Abdi & Syamsul Bardi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Menggunakan Media Permainan Interaktif Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Sma Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 1 (1).

Jawati, Ramaikis. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi II. Jurnal Spektrum PLS, 1(1).

Kurikulum 2013. Kompentensi Dasar SD ver 3-3-2-13.

Lusianti, Leni Putri. 2012. Model Diplomasi Indonesia Terhadap UNESCO Dalam Mematenkan Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia Tahun 2009. Jurnal Transnasional, 3(2).

Newby, T,J. et al. (2000). Instructional technology for teaching and learnig: Designing instruction, integrating computers, and using media. New Jersey: Prentice Hall

Noor, Khilda Wulidatin. (2017). Pengembangan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningktakan Pemahaman Peminatan Studi Lanjut ( Uji Produk Terbatas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta). Skripsi.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Malang

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2008) . Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit KencanaAhmad Rohani.1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Widiastuti. (2013). Analisis SWOT Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).

Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.