Peningkatan Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 1 Babakan

Rostito Dwi Wahyuli, Wiwin Widia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk betuk-bentuk kegiatan Gerakan Literasi Sekolah. Pendidikan karakter sangat diperlukan sebagai upaya agar meningkatkan karakter dan moral peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih disiplin, sopan satun, berakhlak mulia, bermoral, menerapkan nilai-nilai pancasila, beperilaku baik, peran orangtua, lingkungan sekolah dalam memberikan pendidikan dan pembelajaran yang sangat mempengaruhi karakter siswa. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran berbasis karakter yang dapat membudayakan siswa agar berkarakte baik. Gerakan Literasi sekolah merupakan salah satu program pembentukan karate karena didalam kehidupan menjadi salah satu point penting yang mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis, menghitung, memecahkan masalah serta pendidikan yang bermutu dan bekualitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk kegiatan gerakan literasi sekolah dalam upaya peningkatan pembelajaran berbasis karakter meliputi 3 tahapan yaitu pembiasaan kegiatan litersi, pengembangan minat baca dan pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. 

References


Dirjen Dikdasmen. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harfiyani, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Literasi dalam Konteks Pembelajaran ABAD 21 di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. Tema: Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21. ISSN: 2528-5564, 141-150.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Sugiono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: AlFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.