Hubungan religiusitas dengan kecerdasan emosi remaja di panti asuhan

Ismiradewi Ismiradewi

Abstract


Remaja diharapkan mampu mengendalikan dirinya melalui nilai agama. Taraf perkembangan intelektual remaja yang dianggap sudah dapat menginternalisasi penilaian moral, sehingga menjadikan sebagai nilai pribadi, termasuk nilai dan ajaran agama. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan religiusitas dengan kecerdasan emosi remaja di Panti Asuhan. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 56 orang, jenis kelamin laki-laki dan perempuan, dengan usia antar 15-18 tahun yang berada  di Panti Asuhan Madania, Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala religiusitas; untuk mengukur tingkat religiusitas remaja yatim piatu, dan skala kecerdasan emosional; untuk mengukur kecerdasan emosi remaja yatim piatu. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah product moment. Penelitian dengan product moment menunjukkan angka signifikasi r = 0,415 p= 0,001 (p <0,01) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara religiusitas dengan kecerdasan emosi remaja di Panti Asuhan.


Keywords


Kecerdasan Emosi; Religiusitas; Remaja

Full Text:

PDF

References


Chaplin, C. P. (1995). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Caroline, C. (1999). Hubungan antara religiusitas dengan tingkat penalaran moral pada pelajar madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Goleman, D. (2002). Emotional intelligence, kecerdasan emosional, mengapa ie lebih penting daripada IQ. Jakarta: Erlangga.

Hurlock. (2003). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga

Hood, R.W., Hill, P.C & Spilka, B. (2009). The psychology of religion. New York: The Guilford Press.

Nelson, J.M. (2009). Psychology, religion, and spirituality. New York: Springer.

Patton, P. (2000). Emotional intelligence. Jakarta : Pustaka Delapratasa.

Rahayu, S. (2008). Hubungan antara Religiusitas dengan kematangan emosi pada siswa SMU Institut Indonesia I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Diakses tanggal 15 Agustus 2016, dari URL: http://etd.eprints.uin.ac.id.

Rakhmat, J. (2006). Psikologi agama. Bandung : Mizan Pustaka.

Ramayulis. (2004). Psikologi agama. Jakarta : Kalam Mulia

Rasmanah. (2003). Hubungan religiusitas dan pola asuh Islam dengan kecerdasan emosional remaja. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Santrock, J.W. (2012). Masa Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta : Salemba Humanika.

Yuniarrahmah, E. (2012). Peran kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kebermaknaan hidup remaja yang mengalami trauma kematian orangtua di istana batu licin kalimantan selatan. Proceedings. Himpunan Psikologi Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.