Efektivitas psikodrama nilai karakter cinta damai untuk mengurangi kecenderungan agresi siswa SMP Muhammadiyah “X” Yogyakarta

Tita Maya Sari, Purwadi Purwadi, Mujidin Mujidin

Abstract


Agresi siswa SMP di Kota Yogyakarta menjadi perhatian khusus bagi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, sehingga pihak dinas membuat sebuah pelatihan bernama jembatan persahabatan. Pelatihan diikuti oleh 170 siswa dari 43 SMP swasta dan negeri di Kota Yogyakarta. Tujuan pelatihan tersebut adalah membangun hubungan baik antar siswa SMP di Kota Yogyakarta, namun pelatihan tersebut tidak efektif. Selain pelatihan tersebut, diketahui upaya penanganan kecenderungan agresi seperti konseling individu maupun kelompok, home visit, dan kelas parenting khusus orangtua/ wali murid dinilai kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas psikodrama nilai karakter cinta damai untuk mengurangi kecenderungan agresi siswa SMP Muhammadiyah X Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest posttest design. Hasil analisis data melalui paired sample t test menunjukkan bahwa ρ = 0.029 < 0.05 sehingga bermakna psikodrama nilai karakter cinta damai secara signifikan efektif mengurangi kecenderungan agresi siswa SMP Muhammadiyah X Yogyakarta.


Keywords


Kecenderungan Agresi; Psikodrama Nilai Karakter Cinta Damai; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Ariefana, P. (2018). Berebutan cewek, anak SMP dibacok di kepala. Diunduh dari https://m.suara.com/news/2018/06/25/140051/berebutan-cewek-anak-smp-dibacok-di-kepala pada tanggal 8 Maret 2019.

Ajzen, I. (1991). The theory of planed behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211.

Baron, R.A., dan Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Baumister, R.F., Bushman, B.J. (2013). Social psychology and human nature. United State of America: Thomson Learning, Inc.

Harist, F.A. (2016). Pengaruh psikodrama terhadap peningkatan optimisme masa depan pada mahasiswa. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-14.

Hidayati, F. (2018). Penguatan karakter kasih sayang (self compassion) melalui pelatihan psikodrama. Artikel dipresentasikan di Seminar Nasional Psikologi Unissula: Penguatan Psikologi di Zaman Now. Semarang: 12 Mei 2018.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2019). KPAI: 4.885 Kasus Pelanggaran Hak Anak, Terbanyak ABH. Diunduh dari http://www.kpai.go.id/berita/kpai-4-885-kasus-pelanggaran-hak-anak-terbanyak-abh pada tanggal 8 Maret 2019.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa: Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kopecký, K. dan Szotkowski, R. (2016). Cyberbullying, cyber aggression and their impact on the victim-the teacher. Telematics And Informatics Journal, 4(2), 1-21.

Moreno, J.L. (1987). Writings on psychodrama, group method, and spontaneity by J. L. Moreno, M.D. New York: Springer Publishing Company.

Prawitasari, J.E. (2011). Psikologi klinis: Pengantar terapan mikro & makro. Jakarta: Erlangga.

Safitri, A dan Andrianto, S. (2015). Hubungan antara kohesivitas dengan intensi perilaku agresi pada suporter sepak bola. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 11-23.

Sari, Y.A. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII UPTD MP Negeri 2 Gurah Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-pedagogia, 1(7), 1-9.

Zubaedi. (2015). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasi dalam lembaga Pendidikan (edisi pertama). Jakarta: Prenadamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.