Dinamika psikologis dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha pada siswa SMK

Dewi Niki Annisa, Fatwa Tentama, Khoiruddin Bashori

Abstract


Pengangguran yang tinggi di Indonesia merupakan fenomena empiris yang terjadi saat ini. Salah satu solusi dalam memecahkan masalah tersebut adalah dengan berwirausaha. Kewirausahaan harus banyak ditekankan pada generasi muda agar generasi muda memiliki intensi berwirausaha. Intensi berwirausaha adalah sikap atau perilaku yang dibutuhkan seorang wirausaha dalam bereaksi menanggapi sebuah resiko dibidang usaha. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap intensi berwirausaha adalah dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman mengenai dinamika psikologis dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha siswa SMK. Penelusuran hasil database elektronik didapatkan dari DOI, Science Direct, Google Scholar, IJEK, digilb.uad.ac.id. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa dukungan keluarga memberikan kontribusi dalam meningkatkan intensi berwirausaha. Individu yang memiliki dukungan kelurga yang tinggi maka intensi berwirausaha siswa SMK akan tinggi pula. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa secara dinamika psikologis dukungan keluarga berpengaruh dalam peningkatan intensi berwirausaha siswa SMK.


Keywords


Intensi Berwirausaha; Dukungan Keluarga; Pengangguran

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VII. Jurnal Humanitas. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Ajzen, l. (2005).Attitudes, Personality, and Behavior (2nd.Edition). Milton-Keynes, England: Open University Press/McGraw-Hill.

BPS. (2018). Keadaan ketenagakerjaan indonesia. No.41/05/Th.XXI 11 Mei 2018. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/11/05/1485/agustus-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34-persen.html

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed). Jakarta: Erlangga

Dalimunthe, R. F. (2004). Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan. Work ing Paper. Digitized by USU digital library.

Fradani, A.C. (2016). Pengaruh dukungan keluarga, kecerdasan adversitas dan efikasi diri pada intensi berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal edutama, 3(1).

Gelderen, M., Brand, M., Van Praag, M., Bodewes, W., Poutsman, E., & Van Gils, A. (2008). Explaining entrepreneurial intentions by means of the theory of planned behavior. Career Development International, 13(6), 538-559. https://doi.org/10.1108/13620430810901688

Herdijono, I., Puspa, Y.H., dan Maulany, G. (2017). The factors affecting entrepreneurship intention. International Journal of Entrpreneurial Knowledge, 5(2), 5–15.

Hisrich, P. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). Entrepreneurship: Kewirausahaan. Jakarta: Salemba empat.

Ismail, K., Anuar, M.A., Omar, W.Z.W., Aziz, A.A., Seohod, K., & Akhtar, Ch.S. (2015). Entrepreneurial intention, entrepreneurial orientation of faculty and students towards commercialization. Procedia-Sosial And Behaviorial Sciences, 181, 349-355.

Marini, C. K, & Hamida, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendi-dikan Vokasi, 4(2), 195–207.

Periera, A., Mashabi, N. A., & Muhariati, M. (2017).Pengaruh dukungan orangtua terhadap minat anak dalam berwirausaha (pada siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara).Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 4(2), 70–76.

Ramayah, T., & harun, Z. (2005). Entrepreneurial intention among university sains malaysia (usm) students. International Journal of Management and entrepreneurship, 1, 8-20.

Sarafino, E. P. (2014). Health psychology : Biopsychosocial interactions. Fifth Edition. USA: John Wiley & Sons.

Setiabudi, K. J. (2018). Pengaruh dukungan keluarga dan kepribadian wirausaha terhadap niat berwirausaha mahasiswa program studi manajemen terakreditasi “a” pada perguruan tinggi swasta di kotasurabaya. Agora, 7(1).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Umaiyah.(2018). SMK salah satu penyumbang besar pengangguran di DIY. Diakses dari https://jogja.tribunnews.com/2019/02/19/smk-salah-satu-penyumbang-besar-pengangguran-di-diy?page=2.

Utomo, B, B., Mashudi., & Asriati, N. (2014). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self efficacy siswa kelas XI. Jurnal Ekonomi, 3(4).

Vemmy, C. S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi wirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 117-126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.