Deteksi kesulitan belajar pada siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Chintia Amanda

Abstract


Kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih proses psikologis yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa maupun tulisan. Beberapa gangguan kesulitan belajar ditimbulkan oleh faktor psikologis. Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar, untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar, dan untuk mengetahui strategi penanganan kesulitan belajar. Upaya untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik dengan dilakukannya terapi/konseling seperti CBT (cognitive behavior therapy). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa deteksi dini kesulitan belajar sangat penting untuk dilakukan di sekolah, baik tingkat SD, SMP, maupun SMA. Dengan adanya deteksi dini kesulitan belajar maka pendidik dapat mengetahui lebih awal tentang kesulitan belajar peserta didik sehingga pendidik akan secara cepat dan tepat merumuskan diagnosis, membuat prognosis, dan penanganan yang sesuai.


Keywords


Deteksi Kesulitan Belajar; Faktor Internal; Faktor Eksternal

Full Text:

PDF

References


Adelman. H. & Taylor. L. (2008). Conduct and behavior problems: Intervention and resources for school aged youth. Los Angles: UCLA.

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Irham, M. & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan: Sebuah orientasi baru. Jakarta: Referensi

Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar: perspektif, asesmen, dan penanggulangannya bagi anak usia dini dan anak usia sekolah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ma’rifah, D.R. (2017). Diagnosis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan peserta didik. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Matthys, W & Lochman, J. E. (2010). Oppositional defiant disorder and conduct disorder in childhood. Oxford: Jhon Wiley & Sons.

Mulyadi (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Sabri, Alisuf. (2007). Psikologi pendidikan berdasarkan kurikulum nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Santrock, J.W. (2014). Psikologi pendidikan. Edisi 5 Buku 2. Terjemahan: Harya Bhimasena. Jakarta: Salemba Humanika

Suryani, Widyasih. (2010). Psikologi ibu dan anak. Yogyakarta: Citramaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.