Hubungan antara kelekatan dengan pelatih dan motivasi berprestasi dengan kecemasan atlit pencak silat Tapak Suci dalam menghadapi pertandingan

Indri Tri Suryanta

Abstract


Olahraga sudah menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan manusia sehari-hari, sebab dengan olahraga dapat membuat manusia menjadi sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani. Kecemasan dalam menghadapi pertandingan merupakan faktor yang penting untuk menjadi perhatian yang lebih dalam melakukan pembinaan atlit, terutama pada atlit pencak silat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelekatan dengan pelatih dan motivasi berprestasi dengan kecemasan atlit pencak silat tapak suci dalam menghadapi pertandingan. Penelitian ini menggunakan skala sebagai alat pengumpul data yaitu skala kelekatan, motivasi berprestasi dan kecemasan. Sampel berjumlah 65 atlit ang tersebar pada 5 Kabupaten/Kota di DIY. Penelitian ini mengunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian (1) Terdapat hubungan (negatif) antara variabel kelekatan dan motivasi berprestasi dengan kecemasan yang memiliki nilai  sebesar 20,857 dengan tingkat signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 (p < 0,01) koefesien determinasi yang dipersenkan sebesar 37,7% (2) Terdapat hubungan (negatif)  antara variabel kelekatan dengan kecemasan memiliki nilai  sebesar -0,238 >  (0.2319) koefesien determinasi yang dipersenkan sebesar -5,8% dan (3) Terdapat hubungan (negatif) antara variabel motivasi berprestasi dengan kecemasan  memiliki nilai  sebesar -0,594 >  (0.2319) koefesien determinasi yang dipersenkan sebesar 115,4%.


Keywords


Kecemasan; Kelekatan; Motivasi Berprestasi

Full Text:

PDF

References


Atkinson. (2001). Pengantar psikologi. Jakarta: Interaksa.

Hurlock. E. B. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Elliott. (1996). Educational psychology. Madition: Brown & Benchmark.

Gerald Corey. (2010). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ghazalba, F. A. (2009). Pengaruh pelatihan relaksasi terhadap kecemasan pada atlet karate. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Ki Fudyartanta. (2012) . Psikologi kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.