Hubungan antara dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMK X

Ayuditya Bramanusanti, Mujidin Mujidin, Purwadi Purwadi

Abstract


Rendahnya minat belajar matematika, yang ditunjukan dengan siswa kurang memperhatikan guru saat sedang menjelaskan pelajaran matematika, mengobrol dengan teman sebangku, bermain handphone, izin ke toilet tetapi justru kekantin dan tidur-tiduran selama pelajaran berlangsung. Rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya dukungan orang tua dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini memiliki hasil 1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan minat belajar matematika siswa, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan minat belajar matematika siswa, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat belajar matematika siswa.


Keywords


Dukungan Orangtua; Minat Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cochen, S. dan Mckey, G. (2008). Soccial support, stressand the buffering hypothesis: A theoritical analysis. Newyork: Hillsdale.

Djaali. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Friedman, M.M., Bowden, V.R., & Jones, E.G. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga: Riset, teori, dan praktik. Jakarta: EGC.

Purwanto. (2008). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarafino, E.P. & Smith, T.W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th edition). New York: Wiley.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

.

Stainback, W & Stainback, S. (1999). Bagaimana membantu anak berhasil di sekolah. Jakarta: Kanisius

Uno, H.B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Watuliu, J. (2015). Peranan komunikasi keluarga dalam meningkatkan minat belajar siswa sma di desa warukapas kecamatan dimembe kabupaten minahasa utara. Journal Acta Diurna, 4(4), 8-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.