Peran peer acceptance dan perilaku assertif pada keterampilan sosial remaja

Andari Nursa Dinata, Murtini Murtini, Triantoro Safaria

Abstract


Keterampilan sosial dalam pertumbuhan remaja sangat penting karena keterampilan sosial mencakup kemampuan untuk membangun pertemanan, bertemu dan berbau dengan lingkungan, berkomunikasi serta mempertahankan hubungan pertemanan yang sudah dibangun. Keterampilan sosial dipengaruhi oleh faktor pertemanan dan komunikasi. Pertemanan  diasosiasikan dengan penerimaan teman sebaya. Faktor komunikasi adalah kemampuan remaja dalam menyampaikan pendapat dan keinginan dirinya dengan nyaman, jujur dan tidak menyinggung oranglain. Komunikasi berhubungan dengan perilaku asertif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran penerimaan teman sebaya dan perilaku asertif pada keterampilan sosial remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa penerimaan teman sebaya dan perilaku asertif berperan dalam keterampilan sosial. Hal lain yang ditemukan bahwa perilaku asertif mempengaruhi penerimaan teman sebaya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keterampilan sosial remaja akan semakin bagus terbentuk dengan adanya penerimaan oleh teman dan perilaku asertif.


Keywords


Ketrampilan Sosial; Penerimaan Teman Sebaya; Perilaku Asertif; Remaja;

Full Text:

PDF

References


Alberti, R & Emmons, M. (2002). Your perfect right: panduan praktis hidup lebih ekspresif dan jujur pada diri sendiri. Alih bahasa: Ursula G. Buditjahja. Jakarta: PT. Elex Media Komputido.

Berk, L.E. (2012). Development through the lifespan: dari prenatal sampai remaja (transisi menjelang dewasa). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Berk, L.E. (2012). Development through the lifespan: dari dewasa awal sampai menjelang ajal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diesendruck, G. & Ader B.E. (2006). The relationships among social cognition, peer acceptance, and social behavior in Israel kindergarteners. International Journal of Behavioral Development, 30(2), 137-147. DOI: 10.1177/0165025406043628. http://www.sagepublications.com

Fatimah, D. (2013). Peningkatan perilaku asertif melalui pelatihan keterampilan sosial pada siswa kelas X SMA YPP Andong Boyolali. Naskah Publikasi. https://www.e-jurnal.com/2014/05/peningkatan-perilaku-asertif-melalui.html

Hasanah, N. & Dyah K. (2015). Penggunaan handphone dan hubungan teman pada perilaku sosial siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawasi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55-70. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Hurlock, E.B. (2011). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jalaludin, D. (2019). Syarat jadi anggota geng, siswi SMP di Subang duel di kebun tebu. Sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1407381/174/syarat-jadi-anggota-geng-siswi-smp-di-subang-duel-di-kebun-tebu-1558779874

Jannah, M. (2013). Hubungan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah I Malang. Tesis. Malang: Unversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Khesari, N. (2015). Hubungan antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan konsep diri pada remaja. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/37464/14/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf

Michelson, L., Sugai, D.P., Wood, R.P., & Kazdin, A.E. (1983). Social skills assessment and training with children: an empirically based Handbook. eBook. ISBN 978-1-4899-0348-8.

Patty, S., Sutarto, W., & Adi, S. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya, kontrol diri dan jenis kelamin dengan prestasi belajar siswa di SMA Kristen YPKPM Ambon. Psikodimensia, 15(2), 204-235. pISSN: 1411 – 6073. http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/viewFile/989/653

Pratiwi, T.A. D. (2017). Hubungan keterampilan berbicara dengan penerimaan teman sebaya anak kelompok B di TK KKLKMD Sidomaju. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(6). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/7307/0

Putri, S. D. N. O. & Purnamasari. A. (2014). Keterampilan sosial pada siswa taman kanak-kanak tahfidz. Jurnal Psikologi Integratif, 2(1), 71-85.

Riska, C.M. & Farida, K. (2018). Peran keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Inklusi. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 46-64. http://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/download/223/98

Rohmah, N. (2013). Pengaruh pelatihan keterampilan sosial untuk menurunkan kecemasan sosial pada remaja di Panti Asuhan. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/27573/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Santiari, I.G.T. & David, H.T. (2016). Hubungan antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan konsep diri pada remaja Panti Asuhan di Kabupaten Badung, Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 1-9. ISSN: 2354 5607. http://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/articel/view/25215/16425

Santrock, J.W. (2012). Life-span development: perkembangan masa-hidup edisi ketigabelas jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Shaffer, D.R. & Katherine, K. (2010). Developmental psychology: childhood & adolescence, eighth edition. Canada: WADSWORTH CENGAGE Learning.

Sriyanto, Aim, A., Asmawi, Z., & Enok, M. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media masa. Jurnal Psikologi., 41(1), 74-88. https://media.neliti.com/media/publications/129183-ID-perilaku-asertif-dan-kecenderungan-kenak.pdf

Suud, Fitriah M. (2017). Pengembangan keterampilan sosial anak usia dini (analisis psikologi pendidikan islam). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2). https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/11

Sumanto. (2014). Psikologi perkembangan: Fungsi dan teori. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Triani, Ajeng. (2012). Pengaruh persepsi penerimaan teman sebaya terhadap kesepian pada remaja. Jurnal Psikologi dan Pengukuran Psikologi, 1(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jppp/article/download/343/291/

Lloyd, S.R. (1991). Mengembangkan perilaku asertif yang positif. Jakarta: Binarapu Aksara.

Townend, A. (2007). Assertiveness and diversity. New York: Palgrave Macmillan.

Yulianti, P.D & Dian P.M. (2016). Merakit kesehatan mental melalui sikap asertif. Prosiding Seminar Nasional Psikologi: “Empowering Self”. ISBN : 978-602-1145-30-2. http://researchgate.net/publication/330956715.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.