Gambaran grit pada mahasiswa psikologi profesi Universitas X yang menyelesaikan studi tepat waktu

Joko Tri Winarto, Elli Nur Hayati, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Magister psikologi profesi adalah program studi lanjutan untuk mahasiswa lulusan S1 Psikologi untuk menjadi seorang Psikolog. Proses pendidikan untuk menjadi seorang Psikolog harus menempuh mata kuliah kemagisteran dan keprofesian. Berbagai macam tuntutan dalam menjalani proses studi di magister psikologi profesi berpengaruh pada ketepatan waktu studi mahasiswa. Beberapa mahasiswa merasa tidak bisa memenuhi target kelulusan yang kemudian membuat mereka melebihi waktu studi yang terjadwal. Mahasiswa yang memiliki Grit tinggi berarti memiliki konsistensi minat (Passion) dan ketekunan usaha (Perseverance) yang tinggi pula, dan sebaliknya mahasiswa dengan Grit yang rendah memiliki konsistensi minat (Passion) dan ketekunan usaha (Perseverance) yang rendah pula. Konsistensi terhadap minat dan ketekunan usaha adalah dua aspek dari Grit. Mahasiswa yang memiliki konsistensi minat membuat mereka tidak mudah merubah minatnya di bidang Psikologi, tidak mudah teralihkan ketika menyelesaikan tugas-tugas di perkuliahan dengan segala bentuk tantangan ataupun permasalahan dalam proses belajar serta tetap fokus pada tujuan untuk lulus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, sampling penelitian sesuai dengan kriteria-kriteria khusus yang telah ditentukan (criterion sampling).Grit mengharuskan bekerja keras melalui tantangan, dan mempertahankan usaha dan minat selama bertahun-tahun terlepas dari kegagalan, kesulitan, dan kemerosotan dalam kemajuan. Grit terkait dengan keberhasilan akademik dan profesional terlepas dari IQ. Grit dan ketahanan sering disebut sebagai faktor kunci dalam mengatasi tekanan kesehatan mental dan merupakan konsep penting untuk dipelajari untuk lebih memahami perilaku yang seharusnya dalam mencapai keberhasilan tanpa terkendala factor eksternal yang mempengaruhi proses akademik.


Keywords


grit; passion; perseverance; lulus tepat waktu;

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design, choosing among five traditions. California: Sage Publication.

Juwono. (2018). Insiden kritis calon psikolog: Sebuah refleksi atas praktik kerja profesi. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/manasa/article/view/482/391

Moleong. (2005). Metodologi kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Palisoc, A. J. L. dkk. (2017). Relationship between grit with academic performance and attainment of postgraduate training in pharmacy students. American Journal of Pharmaceutical Education 2017, 81(4). https://www.ajpe.org/doi/pdf/10.5688 /ajpe81467

Poerwandari. (1998). Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sukmadinata, N.S. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.