Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap minat dan hasil belajar level C1-C4 siswa kelas VII SMPN 2 Srumbung materi pencemaran lingkungan

Firdayanti Luftiana, Hani Irawati

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 2 Srumbung dominan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan kurangnya minat belajar pada siswa. Kurangnya minat belajar mengakibatkan siswa mengatuk saat proses pembelajaran. Kurangnya minat dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menjadi rendah. Penggunaan model pembelajaraan Problem Based Learning  (PBL) diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaraan PBL terhadap minat dan hasil belajar C1-C4 siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP N 2 Srumbung.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Srumbung yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 157 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan 2 kelas yaitu VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan tes dengan  instrumen observasi, angket, dan soal pilgan.  Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan  bantuan SPSS 20 untuk uji prasyarat dan uji hipotesis. 

 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (66,77 pretest dan 81,92 posttest) dan kelas kontrol (65,31 pretest dan 73,75 posttest). Rata-rata minat belajar kelas eksperimen (65,33% awal dan 84,80% akhir) dan kelas kontrol (65,90% awal dan 73,43% akhir). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap minat belajar siswa  asymp sig < 0,05 yaitu 0,024 sehingga Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa karena t hitung > t tabel yaitu 2,095>2,02.


Keywords


Problem Based Learning; minat belajar; hasil belajar C1-C4; pencemaran lingkungan

Full Text:

PDF

References


Al- Tabany Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayasari, Ria dan Adawiyah, Rabiatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Vol 1 hal 255-262.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhson, Ali. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman mahasiswa melalui penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan penelitian inovasi pembelajaran Vol 39 hal 171-182.

Partin, Ronald. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Jogjakarta: Tiara Wacana.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191