Miskonsepsi IPA biologi pada guru kelas IV sekolah dasar

Lidwina Tutusari Mieke, Wahyu Wido Sari, Eny Winarti

Abstract


Miskonsepsi merupakan salah satu penyebab rendahnya nilai pada suatu mata pelajaran pada siswa. Salah satu faktor miskonsepsi pada siswa adalah guru. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai miskonsepsi yang terjadi pada guru wali kelas di SD N Purnama (bukan nama sebenarnya), khususnya pada mata pelajaran IPA Biologi. Partisipan pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu partisipan utama (Bapak Agung dan Ibu Sari) dan partisipan lain (siswa kelas IV). Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan triangulasi data, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Metode pada penelitian ini adalah fenomenologi. Fenomenologi terbagi menjadi dua langkah, yaitu epoche dan reduksi. Epoche atau pemutusan hubungan dilakukan pada saat wawancara mendalam kepada partisipan utama (guru wali kelas) dan partisipan lainnya (siswa kelas IV). Sedangkan reduksi data merupakan langkah yang dilakukan peneliti pada saat membandingkan data yang diperoleh (hasil pemahaman guru, siswa, dan teori tertulis). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Bapak Agung mengalami miskonsepsi sebesar 25%, Ibu Sari mengalami miskonsepsi 36%,  dan miskonsepsi pada siswa memiliki hubungan dengan miskonsepsi yang terjadi pada guru.


Keywords


Miskonsepsi; IPA; Biologi; Guru; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Patton, M. Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Method (3rd ed). USA: Sage Publication Inc.

Sumantoro dan Hermana, Dodo. 2013. Ayo Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD. Yogyakarta: Kanisius.

Evahelda, dkk.2017. Sifat fisik dan kimia dari Nektar Pohon Karet di Kabupaten Bangka Tengah, Indonesia. Agritech. Vol 37, No 4, November 2017, Hal. 363-368. https://jurnal.ugm.ac.id/agritech/. Diunduh tanggal 15 Februari 2019

Haryanto. 2016. Sains untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi

Kemendikbd. 2018. Mengenai TIMSS. Dipetik Januari, 15, 23:55, 2018, dari https://pusendik.kemendikbud.go.id/seminar/uploud/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016TIMSSinfografic.pdf.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191