Identifikasi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan sekolah adiwiyata di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Fairuzzabadi Amrullah, Mohamad Joko Susilo

Abstract


Ketersediaan sarana dan prasarana yang dirasa penting dapat mendukung program adiwiyata, dan pengambilan kebijakan sekolah terkait rencana anggaran untuk pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan, karena beberapa sekolah berbasis adiwiyata belum mengimplementasikan program adiwiyata secara optimal, sehingga perlu adanya identifikasi kelengkapan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian di sekolah menengah atas negeri kota Yogyakarta, dengan cara purposive menggunakan data yang didapat dari Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari ketiga sekolah tersebut telah memenuhi dan ada beberapa sarana dan prasarana yang belum optimal dalam mendukung program adiwiyata, seperti air bersih, green house, pengolahan sampah, kantin dan perawatan gedung. Kelengkapan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan program adiwiyata di jenjang sekolah menengah atas negeri khususnya yang memiliki program adiwiyata secara umum di kota Yogyakarta telah dimanfaatkan dengan baik dimana sekolah menengah atas negeri kota Yogyakarta telah memenuhi sarana dan prasarana sebagai pendukung pelaksanaan program adiwiyata. Namun ada beberapa sarana dan prasaran yang belum memadai seperti pengelolaan sampah untuk kompoting, green house, listrik, taman sekolah, dan kantin sehat.

Keywords


adiwiyata, sarana dan prasarana

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan edisi Kedua. Jakarta:Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aprilia, Nani. 2015. “Evaluasi Pengelolaan Sarana Pendukung yang Ramah Lingkungan pada Program Adiwiyata di SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biolgi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21 Maret 2015.

Badan Lingkungan Hidup Yogyakarta. 2016. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Yogyakarta: BLH Yogyakarta.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah.Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Bandono, Ardhi W & Samino. 2015. Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 01 Tahudan, Karanganyar. Profesi Pendidikan Dasar Vol. .No .1,Juli 2015: 41-48.

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dewi, Iswari R & Suyud W.U. 2017. “Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong)”.Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 15

Matin dan Nurhatati Fuad. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nalole, Martianty. 2014. Laporan Penelitian Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Pada Siswa Kelas VI SDN 5 Pantungo Kabupaten Gorontalo.

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2016. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Asdep Urusan Penguatan Inisiatif Masyarakat Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementrian Lingkungan Hidup.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sarah, Elsina T. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Laboratorium Sains pada Program Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (Suatu Penelitian Evaluasi Program Dengan Model Stake’s Pada Salah Satu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri).Edisi khusus. Vol. 22.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191