Analisis potensi tanaman di sepanjang sumbu filosofis Keraton Yogyakarta sebagai sumber belajar biologi berbasis budaya

Arif Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari potensi tanaman di sepanjang sumbu filosofis Keraton Yogyakarta sebagai sumber belajar biologi berbasis budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman di lokasi tersebut terdiri dari 16 spesies yang dikelompokkan ke dalam 11 famili. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa fakta-fakta terkait tanaman di lokasi tersebut dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi berbasis budaya pada tiga kompetensi dasar di kelas X, yaitu pada KD 3.2-4.2 tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati, KD 3.3-4.3 tentang prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup, dan KD 3.8-4.8 tentang klasifikasi tumbuhan. Objek tersebut telah memenuhi syarat sebagai objek yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai sumber belajar. Agar potensi sumber belajar tersebut lebih optimal, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengemas atau mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik


Keywords


sumbu filosofis Keraton Yogyakarta, sumber belajar biologi, pendidikan berbasis budaya

Full Text:

PDF

References


Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2011 tentang Tata Nilai Budaya Yogyakarta.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya.

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 66 Tahun 2013 tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191