Efektivitas model pembelajaran jigsaw berbasis lesson study sebagai upaya perbaikan proses dan hasil belajar mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alsa, A. 2010. Pengaruh metode belajar Jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165-175.
Apriono, D. 2013. PEMBELAJARAN KOLABORATIF: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan. Diklus, 17(1).
Aronson, E. 1978. The jigsaw classroom. Sage.
Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.
Clark, J., & Baker, T. (2006, December). Collaborative learning in diverse groups: A New Zealand experience. In Proceedings of the 17th ISANA International Education Conference [CD ROM](pp. 5-8). Sydney: University of NSW.
Ming Cheung, W., & Yee Wong, W. (2014). Does lesson study work? A systematic review on the effects of lesson study and learning study on teachers and students. International Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 137-149.
Palennari, M. 2011. Potensi strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 26-33.
Palennari, Muhiddin 2012. Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. bionature, 13(1).
Prihantoro, R. 2011. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 100-108.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Setyosari, P. 2009. Pembelajaran Kolaborasi: Landasan untuk mengembangkan keterampilan sosial, rasa saling menghargai dan tanggung jawab. Malang (Indonesia): Universitas Negeri Malang.
Susilo, H. 2005. Lesson study: Apa dan Mengapa. In Makalah pada Seminar dan Workshop Lesson study dalam rangka persiapan Kolaborasi FMIPA MGMP MIPA SMP dan SMA Kota Malang (Vol. 21).
Stepanek, J. 2003. A Lesson study team steps into the spotlight. Northwest Teacher, 4(3), 9-11.
Takahashi, A., & Yoshida, M. 2014. Lesson-study communities. Teaching children mathematics, 10(9), 436-437.
Teacher Institute. 2008. Implementasi Lesson study: Program Pengembangan profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Karawang, Kabupaten & Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. UPI dan Putera Sampoerna Foundation.
Weeks, D. J. 2001. Creating happy memories. Northwest Teacher, 2(2), 6-11.
Zubaidah, S. 2010. Lesson study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Pendidikan dan pelatihan nasional dengan tema peningkatan profesionalisme guru melalui kegiatan Lesson study. Malang: Universitas Brawijaya Malang.
DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Symbion
Symbion organized by
Deparment of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,
Special Region of Yogyakarta, 55191