Efektivitas model pembelajaran jigsaw berbasis lesson study sebagai upaya perbaikan proses dan hasil belajar mahasiswa

Mufida Nofiana, Arief Husin, Arum Adita, Listika Yusi Risnani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran jigsaw berbasis lesson study sebagai upaya perbaikan proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan hewan. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 4 Tahun Akademik 2018/2019. Pelaksanaan lesson study berlangsung selama 3 siklus terdiri dari kegiatan Plan-Do-See. Pada kegiatan lesson study, dosen menggunakan model jigsaw yang dimodifikasi sesuai keadaan kelas (temuan observer). Hasil pelaksanaan Lesson study menunjukkan perubahan yang cukup signifikan terhadap peningkatan proses belajar mahasiswa. Hal tersebut terlihat dari temuan observer yang menyatakan bahwa pembelajaran dalam kelompok asal sudah terlihat baik setelah dilaksanakan lesson study selama 3 siklus (80% mahasiswa antusias mengikuti perkuliahan dengan penerapan model jigsaw), kerjasama anggota kelompok terlihat baik (mahasiswa saling mengkonfirmasi pendapat dan saling membantu mencari solusi atas permasalahan yang ditemukan, saling membantu dalam memahami konsep materi), hampir semua anggota kelompok di dalam kelompok asal aktif memberikan pendapat, diskusi kelompok terlihat hidup (antusias mahasiswa dalam berdiskusi dengan teman terkait topik materi meningkat). Meskipun belum seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, namun seluruh mahasiswa memperhatikan informasi yang disampaikan oleh teman ahli. Hasil analisis kegiatan lesson study terhadap hasil belajar mahasiswa di dalam kelompok asal menunjukkan bahwa 80% mahasiswa memiliki hasil belajar yang baik dilihat dari hasil belajar kelompoknya. Penerapan model pembelajaran jigsaw juga telah mampu meningkatkan pemahaman konsep sebagian besar mahasiswa secara individu, yang terlihat dari 74% mahasiswa memperoleh nilai diatas atau sama dengan C.

Keywords


lesson study, jigsaw, proses pembelajaran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alsa, A. 2010. Pengaruh metode belajar Jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165-175.

Apriono, D. 2013. PEMBELAJARAN KOLABORATIF: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan. Diklus, 17(1).

Aronson, E. 1978. The jigsaw classroom. Sage.

Arjanggi, R., & Setiowati, E. A. (2013). Meningkatkan belajar berdasar regulasi diri melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 55-63.

Clark, J., & Baker, T. (2006, December). Collaborative learning in diverse groups: A New Zealand experience. In Proceedings of the 17th ISANA International Education Conference [CD ROM](pp. 5-8). Sydney: University of NSW.

Ming Cheung, W., & Yee Wong, W. (2014). Does lesson study work? A systematic review on the effects of lesson study and learning study on teachers and students. International Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 137-149.

Palennari, M. 2011. Potensi strategi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 26-33.

Palennari, Muhiddin 2012. Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. bionature, 13(1).

Prihantoro, R. 2011. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 100-108.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Setyosari, P. 2009. Pembelajaran Kolaborasi: Landasan untuk mengembangkan keterampilan sosial, rasa saling menghargai dan tanggung jawab. Malang (Indonesia): Universitas Negeri Malang.

Susilo, H. 2005. Lesson study: Apa dan Mengapa. In Makalah pada Seminar dan Workshop Lesson study dalam rangka persiapan Kolaborasi FMIPA MGMP MIPA SMP dan SMA Kota Malang (Vol. 21).

Stepanek, J. 2003. A Lesson study team steps into the spotlight. Northwest Teacher, 4(3), 9-11.

Takahashi, A., & Yoshida, M. 2014. Lesson-study communities. Teaching children mathematics, 10(9), 436-437.

Teacher Institute. 2008. Implementasi Lesson study: Program Pengembangan profesionalitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Karawang, Kabupaten & Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. UPI dan Putera Sampoerna Foundation.

Weeks, D. J. 2001. Creating happy memories. Northwest Teacher, 2(2), 6-11.

Zubaidah, S. 2010. Lesson study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Pendidikan dan pelatihan nasional dengan tema peningkatan profesionalisme guru melalui kegiatan Lesson study. Malang: Universitas Brawijaya Malang.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191