THE EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ASSISTED BY PICTORIAL RIDDLE MEDIA ON CRITICAL THINKING SKILL OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522
Azizah, N. N., Indrawati, & Ahmad, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Media Pictorial Riddle pada Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 9–18. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.140
Boy Bonny.S, P. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(2), 1–23. https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i2.18804
Darfia, W. O., Anas, M., & Sahara, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pokok Keseimbangan dan Dinamika Rotasi Kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 180. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13329
Darmawan, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dan teaching games for understanding (TGFU) dan terhadap peningkatan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP. In In Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78891
Faqiroh, B. Z. (2020). Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.15294/ijcets.v8i1.38264
Febri, V., Putri, H., Asbari, M., Adzka, S., & Khanza, K. (2023). Revolusi Pendidikan : Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar ? JISMA (Journsl of Information Systems and Management ), 02(06), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.613
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Ginting, I. D. P., & Muhammad. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2118–2129. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/688
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Blended Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686–692. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.603
Halim, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas XII SMKN 1 Kalitengah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 144–155. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/madinah.v7i2.1318
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hanif Evendi, Yossie Rosida, & Dani Zularfan. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1454
Hasriani, W. O., Anas, M., & Sahara, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Loghia. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 164. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.13335
Hidayati, N., Widyaningrum, H. K., & Sari, M. K. (2023). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo. Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 463–470. https://doi.org/10.53395/jes.v5i2.428
Hikmah, N. N. (2022). Studi Komparasi Model Problem Based Learning dan Reciprocal Teaching Melalui Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. In Skripsi. https://doi.org/https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17357/
Khalbu, T. T., & Ulfa, K. (2023). Practicality Of Flashcard Learning Media In Enviromental Pollution Materials For Class VII SMP/MTs. Open Journal System, 17(1978), 1965–1970. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/mbi.v17i8.335
Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191
Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586
Mufliha, D., Puspita, D. R., & Nurfadhillah, S. (2023). Analisis Kesulitan Penggunaan Media Flipbook Pada Guru Dan Siswa KelasIII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3475–3491. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10235
Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5969–5975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3168
Nurlaeli, N., Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41–49. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.321
Sarangih, M. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis scientific approach siswa kelas viii sltp swasta parulian medan marlindoaman saragih dosen universitas simalungun. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2), 101–108. https://www.simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/51
Septiasari, P., Dantes, N., & Suastra, W. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3096
Setyaningsih, D. (2022). penerapan model problem based learning dengan bantuan geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep SPtLDV di smkn1 doko. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 1(3), 148–155. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v1i3.1455
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14351A
Syukri, M., Husna, W., Ngadimin, N., Andriani, A., & Halim, L. (2022). Students’ Responses to the Implementation of the Inquiry-Based Pictorial Riddle Method via Online in the Concept of Fluid Static. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 12(1), 14–23. https://doi.org/10.26740/jpfa.v12n1.p14-23
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
DOI: https://doi.org/10.12928/iucee2024.v3i2.14574
Refbacks
- There are currently no refbacks.