Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu faktor keberhasilan peserta didik dari segi pengetahuan dan pembentukan karakter. Seorang pendidik harus profesional dalam perkembangan peserta didiknya. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting terhadap proses tumbuhnya kesehatan mental peserta didik karena terbentuknya mental yang sehat dari setiap peserta didik harus dilandasi dengan aspek-aspek religius. Studi ini bertujuan untuk memahami secara terperinci tentang upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP 2 Muhammadiyah Prambanan dalam membangun kesehatan mental peserta didiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mana metode kualitatif yang dipilih di dalam penelitian kali ini lebih cenderung mengarah kepada metode penelitian kualitatif deskriptif yang mana pada metode ini penulis akan memaparkan terkait dengan permasalahan yang dikaji secara lebih mendalam. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara secara mendalam dalam pengumpulan data. Hasil penelitian dapat menunjukan bagaimana peran dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun kesehatan mental.
Keywords
Kesehatan Mental, Karakteristik, Peserta Didik
Full Text:
PDFReferences
Heri Gunawan. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Agama Islam Bandung: Alfabeta
http://repository.radenintan.ac.id/166
M. Jamaluddin Mahfud. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Nur Uhbiyati. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Agama Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Zakiah Darajat (1982). Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : CV. Syakir Media Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.