Implementasi Gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dalam Upaya Meningkatkan “Environmental Literacy” Peserta Didik SD Muhammadiyah Karangkajen
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisona R. 2018. PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1) 43-49.
Azima, F. A., & Yumna. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Journal of Environmental Education and Sustainable, Volume 22 - Nomor 02.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Oktavia, A., Dewi, L. C., Sari, A., Khairadi, A. P., & Piolita, S. (2019). GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, 191.
Dewi P.F, K. A., & Budiamsyah, D. (2015). The Community-Based Value Education to Develop Environmental Awareness Characters for Elementary School Students. Proceedings of the 1st UPI International Conference on Sociology Education.
Furi, DIR, & Riyanto, S. (2019). IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI PADA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH SERUT BANTUL. Jurnal Fundadikdas (Dasar Pendidikan Dasar) , 2 (3), 109-115.
Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145
Irwati, D., Kholik, D., Iklimaturriza, M., & Ramadhan, W. G. (2023). Edukasi Gerakan 3R (Reduce , Reuse , Recycle ) Kepada Siswa SDS Midori Cikarang Selatan. 1, 180–184.
Jannah, L. R., Nurhasanah, Y., Fahmi, M., Nurrohman, T., & Mujtahid, A. L. (2021). Pentingnya Kurikulum Dalam Proses Pembelajaran Di. 02(02), 1–6.
Kamil, PA, Putri, E., Geografi, SRPP, & Al-Washliyah, S. (2019). Optimalisasi Literasi Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di Kota Banda Aceh Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan.
Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2020). The role of eco-school program (Adiwiyata) towards environmental literacy of high school students. European Journal of Educational Research, 9(3), 1089–1103. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1089
Prayoga, dkk. 2021, Penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recyle) dalam Pengelolaan Sampah di Kelompok Karang Lansia Sejahtera TPS Alalak Utara. Jurnal Pendidikan Geografi Volume 8, Nomor 1, Halaman 29-36. Banjarmasin.
Rokhmani, T. A. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Scholz, RW, & Binder, CR (2011). Literasi lingkungan dalam sains dan masyarakat: dari pengetahuan hingga keputusan.
Sukamdani, N. B., Sukwika, T., & Eddyono, F. (2022). Edukasi manajemen sampah untuk peningkatan kapasitas sdm pada pengurus kelompok disabilitas kota Bogor. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 826-833.
Susannti, N., Zarkasih, Z., & Amini, M. (2022). Implementasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Environmental Literacy Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1), 12-16
Refbacks
- There are currently no refbacks.