Efektivitas Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa di SD Negeri Kowangbinangun Kalasan

Tarawansi Tumanggor, Iyan Sofyan

Abstract


Pembelajaran daring merupakan pelaksanaan pembelajaraan yang dilakukan secara virtual tanpa melakukan tatap muka secara langsung. Sistim pembelajaran daring memanfaatkan konektifitas internet sebagai sarana penghubung antara pendidik dengan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran daring yang telah terlaksana beberapa tahun ini tentu ada kelebihan dan kekurangnya. Sebagimana dalam penelitian ini ingin melihat  bagimana efektivtas pembelajaran daring dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di SD N Kowangbinangun, Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dimana metode penelitian deskriptif merupakan metode yang bergerak pada suatu peristiwa yang nantinya dapat ditemukan sebuah kesimpulan lewat peristiwa tersebut. Langkah-langkah penelitian ini meliputi pemokusan data yang akan diambil oleh si peneliti, penyajian data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan dari data-data yang ditemukan dilapangan. Dari hasil penelitian lewat informasi yang ditemukan bahwa pembelajaran daring masih kurang efektif dalam meingkatkan literasi dan numerasi siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita, S. R. I. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Program Study Pendidikan Agama Islam. Skripsi, 1/19. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8617/1/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/586/504

Djaswadi. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Semester I Tahun Ajaran 2020 / 2021. Journal of Insdustrial Engineering & Management Research, 2(1), 156–179. http://www.jiemar.org

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069

Nahampun, D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Autis Di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Skripsi, 9781572309, 759–784.

Shobich, A. U. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran E-learning Pada Era Distrupsi di SMK Al-Islahiyah Singosari Malang. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2, 55.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497


Refbacks

  • There are currently no refbacks.