Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta
Abstract
Sebagai seorang guru mengajar, mendidik, membina, menasihati dan membimbing adalah kewajiban yang harus dilakukan. Selain itu, guru adalah seorang yang digugu dan ditiru, artinya apapun yang dilakukan oleh seorang guru akan menjadi contoh dan suri tauladan peserta didik di sekolah, itulah mengapa guru kerap kali dianggap sebagai orang tua kedau bagi peserta didik. Sebagai seorang guru kita harus sabar dalam menghadapi segala sesuatu yang ada dalam dunia pendidikan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang mana peneliti mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru yang akan diwawancarai. Hasil dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mendapatkan data yang ingin diteliti, yaitu terkait dengan Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Seorang guru harus sabar perkembangan peserta didik, karena peserta didik memiliki karakter-karakter yang berbeda-beda. Ada peserta didik yang cepat dalam menangkap pelajaran dan ada juga yang lambat. Di tambah lagi dengan tugas seoarang guru yang harus melakukan aktivitas pembaruan, perbaikan, dan pengajaran yang dilakukan setiap harinya. Disini kesabaran seorang guru di uji. Karena kesabaran bukanlah sifat yang mudah didapatkan oleh seseorang. Akan tetapi, ia membutuhkan latihan yang hrus dilakukan oleh seorang guru agar ia terbiasa melakukannya. Saat masa pandemic covid-19 seseorang guru harus sabar untuk memantau perkembangan siswa dalam keadaan jarak jauh dengan berbagai karakter siswa-siswi.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.