Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Video Pembelajaran dan Zoom Meeting
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika materi program linear menggunakan media video pembelajaran dan zoom meeting pada siswa kelas XI MA Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI daring untuk mata pelajaran matematika wajib dimana tiga kelas digabung menjadi satu pada kelas daring yaitu MIA 1, MIA 2, dan MIA 3. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tugas yang telah dikumpulkan, data kemudian diolah dengan uji-t dua sampel bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran matematika materi program linear menggunakan Video Pembelajaran dan Zoom Meeting keduanya efektif, sehingga dapat diketahui bahwa siswa mudah memahami pembelajaran matematika menggunakan media Video Pembelajaran dan Zoom Meeting.
Full Text:
PDFReferences
Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.366
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90–97.
Egga Fahruni, F., & Warsito Wiryosutomo, H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring saat Pandemi COVID-19 pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal BK Unesa, 12, 22–36.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1), 97–106. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTS Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. ALFABETA.
Sulistio, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Penerapan Pembelajaran Sinkron dan Asinkron melalui Google Classroom, Google Meet dan Aplikasi E-Learning. SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 63–69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.