Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk 4 Muhammadiyah Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan E-learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan menganalisa keefektifan media E-learning dalam pembelajaran daing mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek yang diangkat dalam penelitian ini adalah E-learning yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Sedangkan subjek yang diangkat pada penelitian adalah kegiatan guru dan murid dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan media E-learning. Hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1) Media pembelajaran berbasis web E-learning SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta efektif diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara daring. 2) Pada pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, media E-learning digunakan untuk sebagai berikut: merekap kehadiran siswa, memberikan pengumuman, mengunggah file materi, dan berinteraksi dengan siswa.
Key Words: keefektifan, E-learning, media pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Hutagalung, J., Winata, H., & Jaya, H. (2019). Perancangan Dan Implementasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Siantar. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, Vol 2,No 1(1), 7. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/90
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.
Suartama, I. K. (2014). E-learning: Konsep dan Aplikasinya. Paper Presented in Balitbang Depdiknas Seminar ,18 Februari 2017, November, 1–200.
Suci Arischa. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(1), 1–15. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryana. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Yuliana, E., & Bahri, S. (2020). Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-Learning Pada Masa Pandemi Di Sdn 2 Kembang Kerang Aikmel. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.361
Refbacks
- There are currently no refbacks.