Pendampingan Membaca Guna Menigkatkan Literasi Pada Siswa Kelas III SDN Karanggedong

Siti Kholifatul Asmudah, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kriteria kelancaran membaca dan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Karanggedong. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan tahap pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan pemberian angket, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Subjek merupakan siswa kelas III SDN Karanggedong dengan sampel 5 orang anak sesuai urutan nomor absen. Hasil dari proses pendampingan membaca serta observasi melalui wawancara, dan angket yang diberikan kepada siswa maka dapat diketahui bahwa kemampuan membaca siswa sebanyak 50% bisa dikatakan masih belum lancar selain itu hasil dari proses pendampingan membaca menunjukkan bahwa rata-rata siswa belum sepenuhnya memenuhi kriteria membaca yang diharapkan yaitu belum bisa membaca sesuai dengan tanda baca dan masih banyak yang mengeja perkata namun siswa sudah bisa mengetahui huruf dan artikulasi sudah jelas. Untuk kriteria yang ingin dicapai meliputi: siswa tidak mengeja perkata, siswa dapat membaca sesuai dengan fungsi tanda baca seperti tanda titik maka berhenti, dansiswa bisa membaca bacaan dengan lancar tanpa tersendat atau artikulasi bacaan jelas

Full Text:

PDF

References


Elianda, Magdalena. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. JPdK 1(2), 63-68.

Farida, Rahim. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Eka Selvi dan Hani Subakti. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. 3(2), 81-89

https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90.

Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Ju-ke: Jurnal Ketahanan Pangan, 1(2), 48-58

Luthfi, dkk. (2020). Pendampingan Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. PROSIDING SEMNASKAT LPPM UMJ

Nugroho, I. S. (2019). Minat Baca Anak Indonesia. Merdeka.Com. httpshttps://m.merdeka.com/peristiwa/minat-baca-anak-indonesia-di-bawah-malaysia-ini-tanggapan-mendikbud-nadiem.html (Diakses pada tanggal 17 September 2021 pukul 17.00 WIB)

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi Di Sekolah Dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4(1), 151–156.

Subakti, Hani dan Kiftian Hady Prasetya. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. 3(2) 106-117, https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Supriyanto, H., & Haryanto, S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Wiyata Dharma, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.