Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta di Tengah Pendemi

Syafira Budiarti, Siti Nur Rohmah

Abstract


Pandemi covid-19 ini mengharuskan pemerintah mengambil kebijakan untuk belajar dari rumah di berbagai tingkat pendidikan. Kebijakan ini disertai dengan adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Pembelajaran Online (daring).  Untuk dapat mempermudah pembelajaran online (daring) diperlukan media yang dapat menunjang pembelajaran yaitu menggunakan media pembelajaran Quizizz, dengan menggunakan Aplikasi Quizizz dapat menedukasi siswa agar dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan atau library reseacrh, yaitu membaca, menelaah, dan mengkaji buku-buku maupun tulisan-tulisan yang  berkaitan dengan pembahasan dan sebagai sampel kelas yaitu kelas XII PSPT (Produksi dan Siaran Program Televisi) SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.  Berdasarkan penelitian yang dapat dicapai dalam Aplikasi Quizizz adalah sebagai media pembelajaran, yakni: 1) Perhatian siswa dalam menggunakan handphone atau HP dalam proses pembelajaran berlangsung dan supaya tidak bosan; 2) Pemahaman siswa dapat memahami soal secara kelompok; 3) Keaktifan, baik bertaya mengenai materi atau mengevaluasi dan mencatat materi yang diberikan; 4) ketelitian siswa dalam mengerjakan soal dan mananejmen waktu; 5) Ketenagan siswa dalam mengerjakan soal atau kuis secara kelompok. Dengan demikian daat disimpulkan bahwa medua Aplikasi Quizizz sangat efktif digunakan dalam proses pembelajaran daring pada saat ini.

Full Text:

PDF

References


Bahar, Ayunara. Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Artikel ahzaa.net. (2017, Juli).

Dewi, C . K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (2020) dari: http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSICAHAYAKURNIA.pdf

Dimyati, dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Irwan, I ., Luthfi, Z . F., & Waldi, A. Efektifitas Penggunaan Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogi: Jurnal Pendidikan 1.8 (2019).

Kusuma, Y . A. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajara Daring (Online) Fisika Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Darma Yogyakarta (2020) dari: http://repository.usd.ac.id/37682/2/161424005_full.pdf

Salsabila, U. H., Iefone, S . H., Isti, L . A., Nur, A . I., & Salsabila, D. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Terapan Universitas Jambi (2020).

Web, Pengelola. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://pusdatin.kemendikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tenga-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.