Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pendidikan adalah sesuatu hal penting di sebuah pembangunan bangsa Indonesia. Pembelajaran adalah sebuah usaha sadar yang dilakukan guru dengan proses komunikasi atau penyampaian pesan berupa verbal maupun non verbal. Sekitar tanggal 31 bulan Desember tahun 2019, datang sebuah kasus mirip pneumonia yang belum diketahui di daerah Wuhan Cina. Ternyata kejadian tersebut ada karena corona virus disease atau yang terkenal dengan virus covid-19. Pemerintah Indonesia telah mengupayakan segala cara untuk menangkal penyebaran virus covid-19. Dalam pendidikan di Muhammadiyah, terdapat ISMUBA yang berarti Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. ISMUBA adalah mata pelajaran wajib bagi sekolah Muhammadiyah. Bahasa Arab penting diajarakan karena dengan mengetahui bahasa arab, maka akan lebih memudahkan seseorang dalam memahami agama Islam. Demi tercapainya pembelajaran yang maksimal, maka guru harus mempunyai kemampuan yang menarik siswanya, maka diperlukan guru yang inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Handayani, A. B., Widodo, H., & Wahyudi, W. E. (2019). Penerapan Kurikulum Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Smp Muhammadiyah Banguntapan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 231-243.
Hasan, H. (2020). Optimalisasi Google Form Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 181-192.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Hidayah, F., Laili, H. N., & Unum, M. (2021). ALTERNATIF MEDIA DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 218-231.
MASYKUR, M. Z., & PRAYITNO, A. A. G. (2020). PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI COVID-19. AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 4(2), 15-29.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-17.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Wibisono, Y. (2020). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Ismuba Di Smp Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(2), 167-179.
Wibowo, S. S. S. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ISMUBA (AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN, DAN BAHASA ARAB) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Refbacks
- There are currently no refbacks.