Efektivitas Pembelajaran Daring Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 di SD Muhammadiyah Sagan

Anis Fajarwati

Abstract


Saat ini masih banyak perbincangan pro dan kontra di masyarakat berkaitan dengan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas 4. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data melalui angket kuesioner di google form sebanyak 8 responden peserta didik kelas 4 secara acak. Hasil penelitian adalah pembelajaran daring Bahasa Indonesia di kelas 4 di SD Muhammadiyah Sagan sebagian besar peserta didik bisa memahami materi Bahasa Indonesia yang diberikan oleh mahasiswa PLP UAD secara daring sehingga pembelajaran daring cukup efektif untuk dilaksanakan di masa pandemi.

Full Text:

PDF

References


Anita, S. R. I. (2020). ( Daring ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok a Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Program Study Pendidikan Agama Islam. 1/19. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8617/1/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Astuti, A. dewi. D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Web-Seminar Nasional, August, 129–135.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febriani, D. A., & Hafid, A. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Tematik melalui Daring di Kelas IV SD Inpres 6 / 86 Biru. 1(1).

Lambandia, C.-D. I. S. (n.d.). Abstrak.

Rodgers, S. (2017). Continuous improvement? SAMPE Journal, 53(3), 44.

Rulyandi, Muhammad Rohmadi, dan E. T. S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di masa pandemi di COVID 19. Paedagogia, 5(36), 27–39.

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386


Refbacks

  • There are currently no refbacks.