Analisis Persepsi Siswa dalam Pelaksanaan Literasi dan Numerasi terhadap Modul Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Kelas 3 di SD 21 Kelapa Era Pandemi

Nur Fatikah Rahmi, Yahya Hanafi, Nur Hayati

Abstract


Modul pembelajaran berbasis teknologi digunakan sebagai bahan ajar yang dilatar belakangi bahwa siswa memiliki hambatan dalam pembelajaran yaitu kesulitan memahami bacaan yang dibaca dan berhitung yang berkaitan dengan cerita, hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang guru gunakan kurang dimengerti oleh siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam pelaksanaan literasi dan numerasi terhadap modul pembelajaran berbasis teknologi di kelas 3 SD Negeri 21 Kelapa. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data persepsi siswa pada literasi dan numerasi terhadap modul pembelajaran berbasis teknologi menggunakan kuesioner dengan instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan skala likert yakni menggunakan empat kategori. Berdasarkan data analisis persepsi siswa pelaksanaan numerasi dan literasi terhadap modul pembelajaran berbasis teknologi diperoleh rata-rata keseluruhan persentase 71,55% dikatakan baik.

Full Text:

PDF

References


Adriani, I. d. (2015). Perbandingan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Antara Yang Menggunakan Metode Jigsaw Dengan Metode Inquiri Terbimbing di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri Talun Kab. Cirebon. Jurnal Eduma, 32-45.

Antika, R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (studi deskriptif di sekolah menengah pertama islam baitul ‘izzah, nganjuk). Jurnal Biokultur, 251-263.

Arisana, A., & Ismani. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Persepsi Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xl IPS MAN Yogyakarta ll Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 22-42.

Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar dalam Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peseerta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Fitriana, A. (2015). Pengaruh respons siswa pada pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VA MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Yogyakarta: Tidak dipublikasikan.

Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kline, P. (1990). The Everyday Genius: Restoring Children’s Natural joy of Learning. Virginia: Great Ocean Publishers.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masniah. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Perpustakaan Di Sma N 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Skripsi, 1-69.

Nasution. (1987). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bima Aksara.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nasution, S. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurfauziyah, S., Marjono, & Sugiharto, B. (2015). Penerapan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Al Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015.

Nurjannati, N., Rahmad, M., & Irianti, M. (2017). Development Of E-Module Based On Science Literacy. -, 1-11.

Oktavia, A. S., Djumingin, u., & Munirah. (2020). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Berbasis Web. 1-18.

Park, H. (2012). Relationship between motivation and student’s activity on educational game. International Juornal of Grid and Distributed Computing, 101-114.

Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putranto, H. (2013). Pengembangan e-Modul Online Instalansi listrik, Pemasangan, dan Keamanan Instalasi Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sitepu. (2005). Memilih buku pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 113-126.

Sugihartono, d. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Tjipto, U. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuni, E. N. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Numerasi. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.