Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Bilangan Bulat

fitri kumalasari, Widayati Widayati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian bilangan bulat siswa kelas VI di SD Negeri Murten. Metode penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Murten yang terdiri dari 9 siswa. Kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa antara lain dalam perkalian bersusun siswa kurang tepat meletakkan hasil perkalian, siswa belum memberikan tanda (-) atau (+) dalam hasil perkalian, belum tepat dalam meletakkan hasil perkalian. Kesalahan prinsip yang terjadi yaitu siswa masih belum tepat dalam mengalikan bilangan. Kesalahan operasi yang terjadi pada siswa antara kurangnya pemahaman prosedur atau langkah-langkah dalam mengerjakan soal, kurangnya ketelitian siswa dalam mengalikan bilangan ataupun penjumlahan.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Juniarso, T. (2020). MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP ELSE ( Elementary School Education Journal ). 4, 36–43.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nugraha, A. A., & Sari, A. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami ), 1(1), 123–127. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/48

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas v sdn pengawu, 11(2), 129–144. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3760/2754. 11(2), 129–144. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3760/2754


Refbacks

  • There are currently no refbacks.