Evaluasi Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Siti Latifah Hanun, Prayudha Prayudha

Abstract


Dimasa pandemi COVID-19 proses kegiatan pembelajaran
hampir di semua instansi sekolah dilaksanakan secara daring. Tentu banyak
muncul permasalahan- permasalahan yang terjadi saat pembelajaran
berlangsung. Seperti mengenai rendahnya hasil belajar atau tingkat pemahaman
dan keaktifan peserta didik terutama dalam merespon dan bertanya saat
pembelajaran daring berlangsung. Dari hal tersebut peneliti berinisiatif untuk
melakukan penelitian evaluasi keaktifan peserta didik dengan tingkat
pemahaman materi mata pelajaran bahasa Inggris. Dalam hal ini tentu
penggunaan media sangat penting guna sebagai platform bagi pendidik dalam
menyampaikan materi kepada peserta didik. Salah satu media aplikasi yang
digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping adalah aplikasi WhatsApp.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mengidentifikasi bagaimana situasi saat pembelajaran Bahasa inggris melalui
WhatsApp serta mengetahui tingkat pemahaman materi peserta didik. Subjek
dari penelitian ini melibatkan 33 siswa kelas VIII D di SMP Muhammadiyah 1
Gamping. Data instrument dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi
dan tes. Kemudian hasil data dari observasi dan tes akan dianalisis
menggunakan metode kuantitatif. Peneliti berharap kedepannya dari penelitian
ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan atau solusi dari
permasalahan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Firdawati, I., & Hidayat, W. (2018). Hubungan antara keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Visipena, 9(1), 151-158.

Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333-346.

Ryan, D., & Zulfah, Z. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning Via Whatsapp Di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Journal on Education, 3(2), 196-207.

Sari, A. N., Subanji, S., & Sisworo, S. (2021). Analisis Interaksi Siswa pada Aktivitas Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2636-2651.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.