Pengaruh Kendala dalam Pembelajaran Daring IPA di Masa Pandemi COVID-19 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Godean

Hana Eka Pertiwi, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, Sayekti Sayekti

Abstract


Pembelajaran daring tidak jarang mengalami banyak kendala ynag dialami siswa. Penelitian dilakukan untuk menjelaskan pengaruh kendala kegiatan pembelajaran online (daring) di masa pandemi covid-19 dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Godean. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif yang teknik pengumpulan datanya dengan pengisian angket dan tes tertulis bentuk pilihan ganda melalui google form. Teknik penganalisisan datanya menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial dengan uji regresi sederhana. Waktu pelaksanaan yaitu tanggal 19 Agustus 3 September 2021. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMPN 3 Godean. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII C SMPN 3 Godean sebanyak 32 siswa. Berdasarkan data yang dihasilkan yaitu 19% siswa yang mengalami kendala dan 96% siswa mendapat nilai tuntas. Kesimpulannya adalah tidak adanya pengaruh yang berarti antara kendala pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa, dan persentase pengaruhnya hanya 8%.

Full Text:

PDF

References


Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281294.

Nugraha, A. R. (2017). Pengaruh Terpaan Iklan Obat Non Resep dengan Sikap Masyarakat (Studi regresi sederhana mengenai terpaan iklan obat-obat non resep yang tayang pada televisi dengan sikap masyarakat terhadap keputusan pembelian). Jurnal Komunikasi, 10(2), 173. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2520

Rina Anggita Tampubolon, Woro Sumarni, U. U. (2019). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826

Soemari, Y. B., Sapri, Maghfiroh, F., Yuniarti, Achaditani, N. M., Variani, R., Tsabitah, A. F., Jubaidah, S. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 57.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600


Refbacks

  • There are currently no refbacks.