Penerapan Phet di Masa Pandemi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Tirtomulyo
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah ingin mengetahui skenario penerapan PhET dimasa pandemi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Tirtomulyo pada tema 2(selalu menghemat energi) semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan secara daring menggunakan WhatsApp pada siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa Inggris Classroom Action Research. Dari hasil survey dilakukan perbaikan sebanyak 2 siklus. siklus I ketuntasan dalam belajar berjumlah 5 siswa dengan persentasi 39,04% dan ketidak tuntasan berjumlah 15 orang atau 60,95% (berpatokan pada nilai KKM=75) hal ini tidak sesuai yang di harapkan dalam mencapai ketuntasan nilai KKM sekolah. Pada siklus II ketuntasan dalam belajar berjumlah 15 atau 80,09%, dan ketidaktuntasan sebanyak 5 siswa atau 19,91%. hasil temuan pembelajaran siklus II telah tuntas secara klasik. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Phet Dimasa Pandemi dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Tirtomulyo.
Full Text:
PDFReferences
Fauzia, D. S., Heryanti, A. C., Limbong, A. D. W., Perangin–Angin, F. Y. B., Mufitdah, H. N., Sitorus, R. M. D., Ginting, N. F., Ardelia, T., & Adnin, V. (2021). Penerapan Phet Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPS PTPN IV Bukit Lima Selama Daring. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(1), 133–141.
Fauziah, Z., Latifah, H., Omar, X., Khoirunisa, A., & Millah, S. (2020). Application of Blockchain Technology in Smart Contracts: A Systematic Literature Review. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 2(2), 160–166.
Henakin, S. T., & See, S. (2021). Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Katolik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 381–394.
Latief, M. A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. KARYA DOSEN Fakultas Sastra UM.
Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., Purwanti, M. D., Sasti, P. N., & Saraswati, D. L. (2021). PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET SIMULATION SEBAGAI SOLUSI PRAKTIKUM WAKTU PARUH. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 110–118.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., & Fachrozi, I. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Putra, R. P., Anjani, R. A., Agustina, R. D., Suhendi, H. Y., & Pioren, M. (2021). Student’s Perspective on Virtual Laboratory Using Phet as A Media in Conducting Physics Laboratory Activities. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1–9.
Sumargo, E. (2014). PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (THE APPLICATION OF VIRTUAL LABORATORY MEDIA (PhET) AT REACTION RATE SUBJECT USING DIRECT INSTRUCTION MODEL). Unesa Journal of Chemical Education, 3(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.