Peran Guru SD dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid - 19

Shodriyatna sari, Hanum Hanifa Sukma

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Sekolah Dasar saat pembelajaran daring .Dimasa pandemi Covid-19 Pendidikan memerlukan seorang tenaga pendidik melalui suatu peran salah satunya peran guru. Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dalam pendidikan yaitu dengan mengubah pelaksanaan pembelajaran secara daring . pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah masing masing siswa ,kegiatan tersebut dilakukan  dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran online yang menggunakan aplikasi seperti Zoom, google classroom ,  youtube dan whatsapp.

Full Text:

PDF

References


Agus P, r. p. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online disekolah dasar. jurnal pendidikan , Universitas Pelita Harapan. Indonesia, 2716-4446.

Dini. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. 633-640. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ,

Fadhilaturrahmi, F. A. (2021) Persepsi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid 19. Jurnal Basicedu 2021

Handayani, D. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia ,Jakarta, vol.40 No.2.

Jamal u, D. R. (2020). Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada calon guru. hambatan, solusi dan proyeksi.

Mayyustita, E. N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Khusus.

Ningsih, L. K. (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 . Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratiwi, W. A. ( 2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Prihatin, P. (2021). Peran Orang Tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (daring) Saat Pandemi Covid-19. guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146-154.

Rizqon halal syah aji. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i .Malaysia: Sekolah Ilmu Ekonomi Universitas Kebangsaan Malaysia, ISSN: 2356- 1459 Vol. 7 No. 5 .

Saputra, M. A. (2021). .Peran Guru .dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Siswa SD Negeri 20 Way Serdang Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Social Pedagogy: Journal of Social Science Educatio.

Winarsieh, I. &. ( (2020). Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring . Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164.

Wulandari, N. A.(2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaanpendidikan di indonesia. Pustaka Bergerak. Diakses 13 september 2020 .

Z . Zaenuri (2021). Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, , 3(4), 1756-1766.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.