Strategi Layanan Konseling Individual Teknik Motivational Interviewing Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Fiatul Huuriyyah, Caraka Putra Bakti

Abstract


Peserta didik dalam melaksanakan proses belajar, pada hakekatnya harus mencapai keberhasilan dan kesuksesan, hal tersebut dapat dilihat melalui hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik. Keberhasilan dan kesuksesan proses belajar peserta didik bukan semata-mata dipengaruhi oleh faktor intelektual saja, faktor lain yang juga tidak kalah penting dalam mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik salah satunya yaitu motivasi belajar. Motivasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menunjang susksesnya keberhasilan belajar peserta didik, karena dengan adanya motivasi belajar pada sisiwa, mereka akan lebih berkonsentrasi dan bersemangat mengikuti pembelajaran. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mendiskusikan terkait strategi layanan konseling individual teknik motivational interviewing untuk mengembangkan motivasi belajar peserta didik. Artikel ini merupakan sebuah gagasan tertulis yang bersumber dari studi kepustakaan. Hasil yang didapatkan yaitu berdasarkan dari berbagai sumber dari jurnal yang sudah melakaukan penelitian, diketahui bahwa bahwa konseling individual dengan teknik motivational interviewing dapat digunakan untuk mengembangkan motivasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Harijanto, W., & Rudijanto, A. (2015). Pengaruh konseling motivational interviewing terhadap kepatuhan

minum obat penderita hipertensi. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(4), 354-353.

Laelatul, A., Aminah, A., & Farial, F. (2019). Efektivitas Konseling Motivational Interviewing Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di Smp Negeri 1 Pelaihari.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018, February). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi

belajar matematika siswa. In Prosiding Seminar nasional pendidikan matematika etnomatnesia.

Mayang, T. (2020). Motivational Interviewing: Konsep dan Penerapannya. Prenada Media.

Muhammad, R. F. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik MotivationalInterviewing

Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 9 Bandar Lampung Tahun

Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Nareswari, S. R., & Khairi, A. M. (2020). Konseling Individual dengan Teknik Motivational Interviewing

untuk Menangani Penyesuaian Sosial pada Remaja Tindak Pidana Pencurian di Yayasan Sahabat

Kapas Karanganyar. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 123-137.

Parti, N. J. (2019). Efektifitas Konseling Motivational Interviewing untuk Mereduksi AgresivitasSiswa.

Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 110-115.

Purnamasari, I. (2019). Peran Teknik Motivational Interviewing Dalam Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Pada Pecandu Narkoba Di Panti Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman Plaju Darat Palembang

(Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.