Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alghafri, A.S.R., & Ismail, H.N. bin. 2014. “The Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students Thinking”. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6), 518-525
Amirudin, A. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 20. No.1. Jauari 2015.
Bayindir, N., dan Inan, H. Z. 2008. “Theory into practice: Examination of teacher practices in supporting children’s creativity and creative thinking”. Ozean Journal of Social Science, 1(1).
Budiharti, B. & Jailani, J. 2014. “Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Prima Edukasia, 2 (1), 2741. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/vie w/2642.
Depdiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas, Jakarta.
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design principles for industrie 4.0 scenarios. System Sciences (HICSS), 49th Hawaii International Conference, pp. 3928-3937.
Johnson, Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and Why it’s here to Stay. California: Corwin Press,Inc W
Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.
Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.
Meintjes, H., & Grosser, M. (2010). Creative thinking in prospective teachers: the status quo and the impact of contextual factors. South African Journal of Education, 30, 361-386.
Munandar, U. 2006. Mengembangakan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan.
Santi, T.K. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah PROGRESIF. Vol. 7 No. 21 Desember 2011.
Sastrika, I.A.K, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikr Kritis. e-Jurnal Program Pascasarjana (Vol 3 Tahun 2013). Singaraja: PMIPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Tan, O. S. (Ed.). 2009. Problem-based Learning and Creativity. Singapore: Cengange Learning Asia Pte Ltd.
Turiman, P., Omar, J., Daud, A., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.
Utami, Asih. 2013. Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan MasalahMatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis tidak dipublikasikan. Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Wang, A. Y. (2011). Contexts of Creative Thinking: A Comparison on Creative Performance of Student Teachers in Taiwan and the United States. Journal of International and Cross-Cultural Studies, 2(1), 1-14.
Wrigley, H.S.(1998).Knowledge in Action: The Promise of Project-Based Learning. Diambil pada tanggal 10 Juli 2007 dari http://www.ncsall.net/?id=384.
Refbacks
- There are currently no refbacks.