Workshop Egalitarianisme Pendidikan Keluarga di Era Society 5.0
Abstract
Ketimpangan menjadi persoalan tidak adanya pendidikan keluarga yang egaliter secara menyeluruh, hal ini semakin tampak di era society 5.0. Ekonomi yang semakin sulit menyebabkan social unrest termasuk pada pendidikan keluarga pada lingkup SD Muhammadiyah Prambanan. Oleh karenanya, pengabdian ini bertujuan mengembalikan fungsi society 5.0 sebagai sentral masyarakat yang berpusat pada manusia dalam yaitu keluarga untuk menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelarasan penyelsaian masalah sosial. Pengabdian dilakukan dengan metode workshop pada wali siswa SD Muhammadiyah Prambanan pada 03 Januari 2024. Workhsop dilakukan dalam dua sesi dan diikuti oleh 30 peserta. Sesi pertamapa pemaparan mengenai pendidikan keluarga dan sesi kedua pelatihan penggunaan aplikasi Famili Link. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan penyebaran google from untuk melakukan pretest dan posttest pada awal dan akhir kegiatan. Target luaran dari PkM ini adalah merevitalisasi cara berpikir kritis orang tua terkait dengan pandangan pendidikan keluarga adalah marwah utama dalam menumbuhkan generasi yang unggul dan islami. Circle ini yang kemudian terus diberikan pendampingan dan pengawasan khusus agar system yang terbangun melekat dengan sempurna. Jadi, tidaknya perkara inisiasi yang diupayakan, namun juga observasi dan accountability terhadap program di lingkungan masyarakat sehingga egalitariansime pendidikan keluarga perlahan dapat terbentu secara maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhefeiti, F. S. O. (2018). Society 5.0 A human-centered society that balances economic advancement with the resolution of social problems by a system that highly integrates cyberspace and physical space. The British University in Dubai.
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15.
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV (II), 116–123.
Deaprida, N. O. A., Rahayu, W. P., & Handayati, P. (2021). The effect of entrepreneurial education in family and family business on entrepreneurial intention through entrepreneurial motivation on marble craftsmen in Tulungagung. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 24(5), 143–149.
Mahbub, S. (n.d.). Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender Dalam Persfektif Islam. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 21(1), 65–80.
Mustaqim, F. (2020). KONSEP NORMATIF PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2 Desember), 173–179.
Ramdhani, K., Hermawan, I., & Muzaki, I. A. (2020). Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam. Ta’lim, 2(2), 36–49.
Sari, N. N. J. P., & Zahrani, H. (2023). PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PRESPEKTIF AL-QUR’AN. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 97–117.
Sarkowi, S., Marzuki, M., Kamizi, F., & Pertiwi, H. (2022). Disorientasi Harmonisasi Rumah Tangga dalam Keluarga Muslim di Era Digital. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 18(2), 138–153.
Srifariyati, S. (2016). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). Madaniyah, 6(2), 195110.
Wainwright, E., & Marandet, E. (2017). Education, parenting and family: The social geographies of family learning. British Educational Research Journal, 43(2), 213–229.
Witasari, O. (2021). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an (Surah Luqman ayat 12-19). Arfannur, 2(2), 87–104.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mhd Lailan Arqam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License