Dampak pemanfaatan WhatsApp dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fisika

Eka Indaryani, Dwi Suliworo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya dampak pemanfaatan whatsapp dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian dengan one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Materi yang diajarkan adalah kinematika. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data pemahaman materi diperoleh menggunakan tes kognitif melalui pretest–posttest. Data motivasi diperoleh menggunakan angket yang memiliki skala 1 sampai dengan 4. Angket diberikan di akhir pembelajaran. Teknik analisis data pemahaman menggunakan uji T berpasangan dengan tingkat kesalahan 5%. Data motivasi dianalisis menggunakan hasil penelitian dengan penggunaan sebagai prediktor untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dengan penggunaan whatsapp menunjukan bahwa adanya korelasi kedua variabel sebesar 0,776 hal ini menunjukan bahwa adanya korelasi antara pretest-posttest. Sedangkan nilai signifikannya 0,00 < 0,05 maka H0 diterima, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan whatsapp pada pembelajaran fisika. Dan untuk penilaian motivasi belajar siswa diperoleh presentase sebesar 80,31%. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan dampak pemanfaatan whatsapp dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fisika.

Full Text:

PDF

References


Alhazbi, S., 2015, “ARCS-based tactics to improve students' motivation in computer programming course. In computer science & education (ICCSE)”, 2015 10th International Conference on, IEEE, 317-321.

Chang, N. C., and Chen, H. H., 2015, “A motivational analysis of the ARCS model for information literacy courses in a blended learning environment”, Libri, 65(2), 129-142.

Kim, E. H., and Yang, H. S., 2015, “The use of the ARCS motivation model in mobile learning apps design”, Journal of Digital Convergence, 13(4), 69-79.

Lee, Y. J., Kim, M., Jin, Q., Yoon, H. G., and Matsubara, K., 2017, “Revised bloom’s taxonomy—the swiss army knife in curriculum research”, In East-Asian Primary Science Curricula, Springer Singapore, 11-16.

Rambe, Patient,. and Aaron Bere., 2013. “Using mobile instant messaging to leverage learner participation and transform pedagogy at a South African University of Technology”, British Journal of Educational Technology, 44(4).

Sugiyono., 2013. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D)”, Bandung:Alfabeta.

Sulisworo, D., dan Agustin, S. P., 2017, “Dampak pembelajaran E-learning terhadap motivasi pada pembelajaran fisika disekolah kejuruan”, Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 3-6.

Young, H. D., dan Freedman, R., 2002, “Fisika Universitas”, Jakarta:Erlangga.

Zahay, D., Kumar, A., dan Trimble, C., 2017, “Motivation and active learning to improve student performance”, In Creating Marketing Magic and Innovative Future Marketing Trends, Springer, Cham, 1259-1263.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter