Penerapan modul pembelajaran Team Assisted Individualization pada materi elastisitas

Hardiyanti Arsad, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian kuasi eksperimen ini mendeskripsikan hasil penerapan modul pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi elastisitas. Sampel penelitian sebanyak 28 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling pada siswa SMA kelas XI-IPA suatu sekolah di Kota Gorontalo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian tertulis, lembar observasi kegiatan peserta didik, dan angket. Analisis data dilakukan dengan rerata N-gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengungkap bahwa penerapan modul pembelajaran Team Assisted Individualization pada materi elastisitas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-gain ternormalisasi sebesar 0,71 (kriteria tinggi); rata-rata skor hasil pengamatan lembar observasi kegiatan peserta didik sebesar 83 pada kriteria sangat baik; dan respon positif dari siswa terhadap penerapan modul pembelajaran Team Assisted Individualization.

Full Text:

PDF

References


1 Widada, Hr. 2010. Multimedia Interaktif Untuk Guru Dan Profesional. Yogyakarta:Widyatama

2 Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya

3 Arsyad,Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

4 Jumiati, Sari, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura , 161-185.

5 Arikunto,Sumarsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta. Pt Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter