Analisis profil kesulitan belajar siswa MTs

Dhea Lintang Suswandana, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kesulitan belajar siswa MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran atau deskripsi mengenai fakta-fakta dan hubungan dengan peristiwa yang diselidiki. Pengambilan data menggunakan angket kebutuhan siswa, observasi, dan wawancara dengan jumlah partisipan 28 siswa kelas 8 MTs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56.75% siswa tidak bisa memahami materi dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, sebesar 60,75% siswa membutuhkan media untuk memahami pelajaran fisika, 70,20% siswa menginginkan pembelajaran diluar kelas, serta 80% siswa mengatakan jam pelajaran fisika mereka kurang. Jadi berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa dengan keterbatasan media, sumber belajar, tempat, dan waktu pembalajaran ini membuat siswa mengalami kesulitan belajar.

Full Text:

PDF

References


www.kajianmakalah.com/2014/02/pengertian-bahan-ajar-menurut-ahli.html

http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-kurikulum-fungsi-komponen.html

Ginting, Abdurrahman.2008.Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran.Humaniora:Bandung

Dr.rer.nat.H.Rayandra Asyhar, M.Si.2011.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. GP.Press: Jakarta

Ahmadi, Rohani.1991.Pengolahan Pengajaran.Cetakan Ketiga.Rineka Cipta: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter