Pengembangan alat pembelajaran IPA pada materi serapan kalor pada benda berbantuan arduino

Ariati Dina Puspitasari, Nanang Suwondo, Evda Noptha Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat yang dapat mengetahui serapan kalor pada benda yang diberi warna hitam dan putih dengan bantuan Arduino dan software PLXDAQ sehingga dapat memberikan bukti atas teori maupun peristiwa sehari-hari. Metode penelitian ini adalah RnD dengan model pengembangan Borg&Gall yang dibatasi sampai tahap validasi dari ahli. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa alat sangat baik dan layak digunakan dengan prosentase 92,5% untuk kesesuaian dengan teori dan 90% untuk keterpakaian panduan penggunaan alat di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Ariati Dina Puspitasari. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika OMEGA. Vol1, No 2 (2015), hal 1-5.

Fung, Dennis. (2015). The chocolate Experiment A demonstration of Radiation Absorption by Different Surface. The physic Teacher. Voll 53, 545

Nayiroh, Nurun. (2014): Teori Kuantum Radiasi. Slide Pembelajaran Fisika

Magdalena, G., Aribowo, A., dan Halim, F. (2013) : Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis. Proceedings Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, 301-205

Wibowo, H., Somantri, Y., dan Haritman, E. (2013), Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Jurnal Electrans, 12, 39-48

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter