Pengembangan media pembelajaran fisika dengan memanfaatkan limbah elektronik

Erna Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar dengan memanfaatkan limbah elektronik dalam mempelajari materi Induksi Elektromagnetik. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang ditujukan untuk validator ahli materi, media dan ahli pembelajar. Hasil validitas media yang dikembangkan dihitung dengan menggunakan rumus prosentase skor dan diinterpretasikan sesuai dengan interpretasi skala likert. Media pembelajaran yang dibuat dilengkapi dengan lampu LED, rangkaian resistor serta baterai kering untuk menunjukkan arus yang dihasilkan, juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk mengamati data variabel arus, tegangan,dan putaran magnet yang terbaca pada kotak akuisisi. Hasil validasi media pembelajaran adalah sebagai berikut, skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli materi sebesar 86,25 %, oleh ahli media sebesar 87,89 %, dan skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli pembelajar sebesar 90,36 %.Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajar tersebut dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran ini ditinjau dari lima indikator yang yang digunakan untuk validasi memiliki kriteria sangat baik. Setelah diujicobakan kepada siswa diperoleh hasil skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 89,36 %, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini ditinjau dari indikator yang yang digunakan untuk uji coba memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Induksi Elektromagnetik.

Full Text:

PDF

References


Wahyono, S. (2012). Kebijakan Pengelolaan Limbah Elektronik Dalam Lingkup Global Dan Lokal. Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, 17 - 23.

Sadiman, A. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, W. (2012). Studi Persepsi Dan Perilaku Jasa Servis Dalam Memperpanjang Aliran Limbah Elektronik (E Waste) Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (pp. 8 - 14). Semarang: Universitas Pandanaran.

Gall, B. a. (1983). Educational Research & Development. New York: Wiley.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter