Penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik pada konsep besaran dan pengukuran

Fitri Ayu Husain, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan perangkat pembelajaran fisika berbasis saintifik pada konsep Besaran dan Pengukuran. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA di SMA di Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang dipilih dengan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah hasil belajar kognitif pretest-postest, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pretest-postest mengalami peningkatan sebesar 0,47, dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 77% pada kriteria baik, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 95% pada kriteria sangat baik, dan rata-rata persentase respon peserta didik terhadap proses penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sebesar 88,6% pada kategori sangat positif.

Full Text:

PDF

References


Tim Penyusun. 2014. Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Maryani, Ika dan Laila Fatmawati. Tt. Pendekatan scientifik dalam pembelajarandi sekolah dasar( Teori dan Praktik). Deepublish: t.k.

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi

Ardiana. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstektual Melalui Model Kooperatif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Setiana, Indar, Darojat. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas Ix. 2015. Vol. 4. No. 1. Jurnal.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Jumiati, S. M.,& Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lecture,161-185

Setiani, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas IX. Pancaran. Volume 4(1):200.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan raktis bagi Guru dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter