Profil analisis kebutuhan pengembangan media praktikum gerak melingkar untuk meningkatkan keterampilan proses sains

Fitrian Sahid Hidayat, Jeffry Handhika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memprofilkan kebutuhan media pembelajaran praktikum gerak melingkar guna meningkatkan keterampilan proses sains di SMKN 1 Wonoasri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan (1) dokumentasi fasilitas sekolah (2) Observasi dan (3) tes keterampilan proses. Hasil dari penelitian didapatkan: (1) media pembelajaran praktikum gerak melingkar masih berbentuk konvensional sehingga pengambilan data tidak presisi (2) nilai ulangan harian pada subbab gerak melingkar 70% siswa masih memperlukan remedial kelas (3) Keterampilan proses sains meliputi keterampilan mengidentifikasi, berhipotesis, merancang percobaan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan, dari 31 siswa kelas X KR 2 didapat hasil, berturut-turut 36% ; 50%; 35%; 44%; 35 %, secara keseluruhan keterampilan proses sains mencapai 40%. Dari analisis kebutuhan yang dilakukan diperoleh rekomendasi perlunya pengembangan media praktikum gerak melingkar berbasis mikrokontroler untuk meningkatkan keterampilan proses sains siwa SMK.

Full Text:

PDF

References


S. A., & Y. S. (2007). Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

A. W. (2012). Pengembangan Alat Pembelajaran IPA Fisika dengan Pendekatan physic edutainmen berbantuan CD Pembelajaran Interaktif. JPE , 44.

Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2006). Pengembangan ODD "Osilator Digital Detector" Sebagai Alat Peraga Praktikum Gerak Harmonik Sederhana. JURNAL Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1.

J. H., & N. R. (2012). Penggunaan media pembelajaran IM3 ditinjau dari kemampuan berfikir siswa. jurnal penelitian pendidikan fisika, 32.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Hermasyah, gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penugasan konsep dan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi , 102.

Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Belajar Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter