Pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan comic life dan flip book untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa pada materi energi mekanik

Finda Hadiatin Afifah, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran berbasis multimedia interaktif comic life dan flip book. Minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Melalui angket, minat siswa 70% dan hasil belajar 50 dengan KKM 75. Subjek penelitian siswa kelas VII F MTs Al Fatah Magetan berjumlah 24. Penelitian dilakukan November-Desember 2017 menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dengan teknik observasi dan angket sebagai data kualitatif, serta tes kognitif siswa sebagai data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan siklus I diperoleh rata-rata minat siswa 70 % dan nilai rata-rata tes 61,25. Siklus II diperoleh rata-rata minat siswa 87,5% dan nilai rata-rata tes 86,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan comic life dan flip book pada materi energi mekanik dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas VII F MTs Al Fatah Magetan.

Full Text:

PDF

References


Yamin, M. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ginting, C. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Nita Bintiningtyas dan Achmad Lutfi. 2016. Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur. Unesa Journal of Chemical Education (online), Vol. 5, No. 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemicaleducation/article/view)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter