Penerapan modul pembelajaran Predict-Observe-Explain pada topik suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Relin Pandalis Pakaya, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada topik Suhu dan Kalor. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian tertulis, lembar aktivitas peserta didik, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rerata gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran POE pada topik Suhu dan Kalor dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik,yakni nilai gain pertemuan pertama 0.81 (kategori tinggi), pertemuan kedua 0.88 (kategori tinggi), dan pertemuan ketiga 0.65 (kategori sedang). Selain itu, penerapan modul pembelajaran POE efektif meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam mempelajari fisika topik suhu dan kalor dengan rerata persentase keterlibatan sebesar 82% (sangat baik), sementara respon peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran POE sangat positif.

Full Text:

PDF

References


Rusman 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rohman dan Amri 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suprihatiningrum, J 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz.

Aprianti R, Desnita dan Budi E 2015. Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dilengkapi dengan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015 IV, 137-142.

Puti S dan Jumadi 2015. Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III , 79-90.

Susilawati, Neneng L dan Miranda Y 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. EduSains , 104-114.

Solong N P 2008. Pengembangan Materi PAI. Gorontalo: Sultan Amai Press.

Wahyuni S E, Sudarisman S, dan Karyanto P 2013. Pembelajaran Biologi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) melalui Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri , 269-278.

Nuraini N, Karyanto P dan Sudarisman S 2014. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe and Explain) disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Bioedukasi, 37-43.

Jumiati, Sari M dan Akmalia D 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura , 161-185.

Zaeni, Aulia J, Hidayah, dan Faticahatul F 2016. Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Semarang , 416-425.

Nurkancana W dan Sunarta P 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Priatna I K, Putrama I M, dan Divayana D G H 2017. Pengembangan E-Modul Berbasi Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 70-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter