Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar di SMP

Nabilah Nur Ikhlas, Purwandari Purwandari

Abstract


Berdasarkan observasi awal di SMPN 3 Mejayan ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas VII karena guru belum menggunakan model-model pembelajaran pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, akibatnya siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran dan dampaknya hasil belajar dibawah kriteria ketuntasan minimal (≤ 70). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi unsur kelas VII C SMPN 3 Mejayan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 27 siswa kelas VII C SMPN 3 Mejayan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada materi unsur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match siklus I adalah 53,28%. Pada siklus II prosentase rata-rata hasil belajar adalah 82,9%.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto., Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter