Blended media untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan gerak parabola

Pradita Adnan Wijaya, Ijang Rohman, Setiya Utari

Abstract


Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan dasar yang digunakan
dalam membangun konsep, sehingga KPS penting dalam proses pembelajaran sains. Oleh
karena itu, beberapa kebijakan kurikulum menekankan kepada bagaimana proses melatihkan
KPS. Namun, hasil observasi diduga KPS belum dilatihkan secara optimal pada proses
pembelajaran khususnya pokok bahasan gerak parabola. Penelitian pree experiment dengan
one-group pretest postets design bertujuan untuk menemukan cara melatihkan KPS sekaligus
mengetahui dampak peningkatan penguasaan konsep melalui pembelajaran blended media
berbasis inkuiri terbimbing terhadap 34 siswa SMA kelas X di Kota Bandung. Instrumen
penilaian KPS yang digunakan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS), sementara untuk instrumen
penguasaan konsep berupa 17 soal pilihan ganda yang dikembangkan berdasarkan Taksonomi
Bloom revisi C1-C4. Teknik pembelajaran yang digunakan meliputi demonstrasi, simulasi,
kegiatan hands on experiment dengan menggunakan teknologi yang bervariasi berupa set alat
projectile launcher, kamera video, software Tracker, serta media komunikasi online melalui
www.edmodo.com. Hasil analisis data berdasarkan LKS menunjukkan bahwa hampir seluruh
aktivitas KPS terlatihkan. Sementara hasil pretest dan posttest menggunakan gain
ternormalisasi untuk tes Pengusaan Konsep menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai
<g> sebesar 0,203 dan berada pada kategori rendah. Nilai korelasi antara Keterampilan Proses
Sains dengan hasil Penguasaan Konsep siswa sebesar 0,715 (Kategori Kuat). Rendahnya
peningkatan Penguasaan Konsep siswa dapat diatasi dengan memperbanyak latihan soal dan
kegiatan eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Akinbobola, A.O. dan Afolabi,F. 2010 Analysis of Science Process Skill in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examination in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5(4): 234-240.

Symon K R 1974 Mechanics 3rd Edition Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Finn, A., dan Bucceri, M. 2007. A Case Study Approach to Blended Learning. Redwood Shores. Saba.

Rezba, R.J., Sprague, C., dan Fiel, R.L. 2003. Learning and Assessing Science Process Skills. Westmark Drive. Kendall/Hunt Publishing Company.

Anderson. W. L., dan Krathwohl, R. D. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. USA: Addison Wesley Longman

Garrison, D. R. dan Kanuka, H. 2004. Blended Learning: Uncovering Its Transformative Potential in Higher Education. The Internet and Higher Education 7, 95 – 105.

Hinkhouse, H. C. 2013. Investigating Blended Learning in The High School Science Classroom. Electronic Theses and Dissertation. University of Northern Iowa.

Hermawanto, Kusairi, S., dan Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan fisika Indonesia, Vol 9: 67-76.

Agustiari, P.K.R., Sudiarta, I.G.P., dan Suparta, I.N. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016: 107-110.

Hartono dan Rustaman, N. 2009 Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Praktikum IPA: Studi Ujicoba Lapangan Pembelajaran Online Pada S1 PGSD. Forum Kependidikan 28 1 17 - 25

Airlanda, G.A. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis HSPS Dipadukan Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains SIswa XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol. 04 (01).

Krishnan, Dhanya. 2015. Effect of Blended Learning Strategy on Learning Science among Secondary School Students. Proceedings epiSTEME 6: 210 – 218.

Rustaman, et al 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wijaya P A, Fauzi U, Latief F D E, dan Dewi N M 2016 Rancang Bangun Alat Eksperimen Untuk Menganalisis Gerak Proyektil yang Memperhitungkan Drag Prosiding SKF 2016 323-329

Wijaya, P. A. 2017. Determination of Drag Coefficient In Projectile Motion Using Linear Drag. Master’s Program Thesis, Institut Teknologi Bandung.

Wijaya P A, Fauzi U, Latief F D E, dan Firdaus T 2017 Rancang Bangun Alat Eksperimen Sederhana Gerak Proyektil Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika 2017 v4i1. 6463

Wijaya P A, Rohman I, dan Firdaus T 2017 A Simple Design of Projectile Launcher as Learning Media of Projectile Motion Topic for Senior High School Prosiding ICMScE 2017.

https://www.vernier.com/products/sensors/vpl/

ftp://ftp.pasco.com/support/documents/english/me/ME-6800/Projectile%20%20Launcher%20Manual%20(ME-6800).pdf

Ma J and Nickerson J V 2006 Hands-on Simulated, and Remote Laboratorie: A Comparatie Literature Review ACM Computing Survey 38 1-24

Benacka J 2009 Simulating Projectile Motion in The Air With Spreadsheet eJSiE 3

Rodrigues M and Carvalho PS 2013 Teaching Physics with Angry Birds: Exploring The Kinematics and Dynamics of The game. Phys. Educ, 48 431.

Wee L K L, Kwang L T, Tan K K, and Tan C Y 2015 Using Tracker To Understand ‘Toss Up’ and Free Fall Motion: A Case Study Phys. Educ.50 436

Campbell, D. T. dan Stanley, J. C. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Chicago: Rand McNally & Company.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, N. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed). New York: Mc. Graw-Hill.

Hake, R.R. 1999. Interactive-Engagement vs Traditional Methods: A Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal of Physics. 66 (1), hlm. 64-74

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono 1997. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter