Penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) untuk meningkatkan pemahaman konsep materi teori dan model atom mahasiswa Universitas Flores

Ilyas Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dalam meningkatkan pemahaman konsep Teori dan model atom mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika Universitas Flores tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika yang terdiri dari dua kelas (Va dan Vb) yang berjumlah 69 orang. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi pendidikan fisika kelas Vb yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini dengan cara di undi dengan asumsi bahwa mahasiswa semester V bersifat homogen atau tidak ada kelas unggulan. Data diperoleh dari tes hasil belajar materi teori dan model atom dan analisis data dilakukan dengan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan perhitungan thitung = 3,267 sedangkan ttabel = 1,995 dengan demikian H1 diterima H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan pemahaman konsep materi teori dan model atom mahasiswa kelas Vb semester V Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores

Full Text:

PDF

References


Sumirat, L.A. 2014. Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write

terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan

Keguruan, 1(2), ISSN: 2356-3915.

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRuzz

Media.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Oemar Hamalik. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.

Jakarta:Bumi Aksara.

Herman Hudojo. 2005.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Malang:IKIP.

Effandi Zakaria, Dkk. 2007.Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala

Lumpur:Utusan Publications dan Distributors SDN BHD.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Op. Cit.

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusman Wiyatmo. 2008.Fisika Atom dalam perspektif klasik, semiklasik dan kuantum. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter