Analisis reasoning skill siswa SMK dalam investigasi pengembangan sistem hybrid learning

Tutut Safitri, Tantri Mayasari

Abstract


Analisis Reasoning Skill (kemampuan penalaran) siswa SMK telah dilakukan untuk tahap investigasi awal pengembangan sistem Hybrid Learning. Berdasarkan hasil analisis awal tersebut, reasoning skill siswa masuk kategori rendah yang diprediksi karena faktor sistem pembelajaran siswa yang belum cukup meningkatkan kompetensi reasoning skill. Kondisi ini menarik bagi peneliti karena reasoning skill menjadi satu kompetensi abad 21 untuk siap masuk dunia industri. Adapun penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu tingkat reasoning skill siswa SMK. Hasil analisis ini nantinya akan digunakan untuk pedoman pengembangan sistem Hybrid Learning yang dapat diterapkan disekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari tes uraian berbasis reasoning skill yang diberikan kepada 35 siswa secara acak. Analisis data menunjukkan presentase yang rendah yaitu 49%. Berdasarkan analisis peneliti akan merancang sistem Hybrid Learning untuk meningkatkan reasoning skill siswa SMK.

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia 2013 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 No. 712 (Jakarta: Permendikbud)

OECD 2009 Take The Test: Sample Question From OECD's Pisa Assessments (Paris: OECD Publishing)

Susiana N, Sutinah dan Abdul H R 2013 E-Jour UNESA Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Vol 2 (Surabaya: UNESA)

Winarti, Cari, Widha S dan Edi I 2015 E-Jour UNS Analyzing Skill dan Reasoning Skill Siswa Madrasah Aliyah Di Kota Yogyakarta (Surakarta: UNS) hh 210-217

Dike N, Festiyed dan Yohandri 2015 E-Jour UNP Analisis Karakteristik Kemampuan Penalaran Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika SMA Sebagai Tahap Investigasi Awal Untuk Pengembangan Asesmen Penalaran (Padang: UNP)

Esen E dan Belgin B 2017 ITM Web of Conferences Pisa Question and Reasoning Skill Vol 13 (Turki)

Amalia T H dan Endang L 2016 Jur Pend Mat UNY Efektivitas Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII MTS Negeri Babadan Baru, Sleman Vol 5 (Yogyakarta: UNY) hh 1-10

Winda W, Nengah M dan Wayan S 2017 Jur Ilm Pend Fis Al-BiRuNi Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System Pada Materi Listrik Dinamis Vol 6 (Lampung: Universitas Lampung) hh 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter